Benarkah Introvert Adalah Orang dengan Skill Komunikasi yang Kurang?

Anda pasti sering mendengar anggapan bahwa secara umum, introvert adalah orang yang kurang memiliki skill komunikasi. Alhasil, mereka akan sulit melakukan berbicara di depan umum atau memperkenalkan diri di hadapan orang baru. Namun, apa klaim itu benar atau sekadar mitos? Simak sampai tuntas untuk menemukan kebenaran anggapan tersebut di sini, yuk!

Apa Itu Introvert?

Pada dasarnya, introvert adalah orang yang mendapatkan energi secara internal atau dari dalam diri mereka. Artinya, mereka akan merasa lebih tenang saat sedang berpikir secara mendalam di tempat yang hening. Namun, mereka juga tidak akan menolak kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama satu atau dua orang yang dekat dengan mereka. 

Hal ini tentunya berbeda dengan definisi dari istilah extrovert dan ambivert. Jika introvert lebih memilih suasana senyap dan kegiatan individual, extrovert lebih menyukai interaksi sosial dengan banyak orang. Sementara itu, ambivert adalah istilah untuk orang yang memiliki sifat introvert dan extrovert yang seimbang, sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dengan orang-orang di sekitar.

Berarti, Benarkah Kalau Introvert Punya Skill Komunikasi yang Kurang?

Karena sifat suka menyendiri dan berkomunikasi secara tertulis, banyak yang beranggapan bahwa introvert adalah sosok yang pemalu dan mudah gugup. Akan tetapi, ini hanyalah miskonsepsi belaka. Justru, seorang introvert bisa berkomunikasi dan networking dengan baik, sebab mereka mampu mendengarkan ucapan lawan bicara secara lebih seksama.

Selain itu, rasa cemas yang dialami saat hendak berbicara di depan umum bisa melanda semua orang, terlepas dari apakah mereka seorang introvert, extrovert, atau ambivert. Jadi, anggapan bahwa skill komunikasi dan public speaking seorang introvert itu kurang baik adalah salah.

Tips Meningkatkan Skill Komunikasi untuk Introvert

Apakah Anda adalah seorang introvert yang merasa bahwa komunikasi itu sulit? Tidak perlu berkecil hati! Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan skill komunikasi Anda:

1. Hilangkan semua pikiran negatif

Sebagai seorang introvert, mungkin saja Anda merasa bercakap-cakap dengan orang lain hanya akan membuat Anda lelah, dan belum tentu lawan bicara akan menyukai Anda. Tidak apa-apa kalau Anda mengakui pemikiran tersebut, tetapi Anda bisa tampil lebih percaya diri dengan pemikiran yang optimis. Caranya, berfokuslah pada keunikan apa yang bisa Anda tawarkan, pencapaian Anda, atau hal-hal yang Anda sukai sebelum mulai berinteraksi.

2. Jangan takut bertanya

Salah satu tantangan terbesar mayoritas introvert adalah memikirkan cara untuk melanjutkan percakapan. Namun, ada satu cara mudah yang bisa Anda coba sebagai introvert, yaitu dengan bertanya tentang lawan bicara. Sebab, orang lain suka membicarakan serba-serbi diri mereka. Jadi, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali informasi lebih lanjut dari apa yang sudah Anda dengar atau mengecek pemahaman Anda.

3. Persiapkan diri sebelum berkomunikasi

Untuk introvert maupun extrovert, rasa gugup sebelum berbicara di depan umum rasanya sulit dihindari. Akan tetapi, Anda bisa mengatasi perasaan tersebut dengan persiapan yang matang sebelum berkomunikasi. Solusinya, pastikan Anda sudah mengetahui inti yang ingin diucapkan beserta informasi pendukungnya. Lalu, pelajari juga watak dan latar belakang lawan bicara sebisa mungkin agar Anda tahu cara yang tepat untuk menyampaikannya.

4. Kenali kelebihan dan kekurangan diri

Sering kali, kita merasa kurang percaya diri karena hanya mengetahui kekurangan diri sendiri. Nah, solusi lain yang dapat Anda coba untuk memantapkan kemampuan komunikasi sebagai seorang introvert adalah dengan melakukan introspeksi diri. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendalami kelebihan dan kekurangan diri sendiri secara jujur serta objektif. 

Apa saja sifat yang Anda banggakan, dan topik apakah yang Anda sukai? Anda bisa berangkat dari jawaban tersebut untuk memupuk kepercayaan diri.

Jadi, jika Anda merasa bahwa diri Anda adalah seorang introvert, Anda tidak perlu berkecil hati karena tidak bisa meningkatkan skill komunikasi. Sebab, introvert juga punya potensi untuk menjadi pembicara apalagi pemimpin yang baik. 

Begitu pula untuk Anda yang extrovert, Anda tidak perlu beranggapan bahwa introvert adalah orang yang sulit berkomunikasi dengan Anda maupun orang lain. Dengan saling memahami preferensi masing-masing tanpa berpaku pada stereotipe, introvert dan extrovert juga bisa memiliki hubungan yang kuat.

 

Whatsapp