6 Cara Membuat Impresi Bagus pada Hari Pertama Kerja

Bagi sebagian besar orang, hari pertama kerja adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu. Tapi, terkadang beberapa orang juga takut dengan hari tersebut karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tentunya pada hari pertama kali masuk kerja, Anda harus bisa membuat first impression yang bagus di depan coworker maupun atasan. Tapi, bagaimana cara membentuk kesan pertama tersebut?

6 Cara Membuat Impresi Bagus Pada Hari Pertama Kerja

Dengan menunjukkan impresi yang baik di hari pertama Anda bekerja, maka Anda akan lebih mudah beradaptasi di lingkungan kantor. Untuk memudahkan hal tersebut, ikutilah 6 cara berikut ini supaya Anda bisa memberikan kesan positif kepada rekan kerja Anda.  

1. Berpakaian rapi, sesuai dengan dresscode

Penampilan adalah hal yang penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang memasuki dunia kerja. Penampilan yang dimaksud bukan sepenuhnya dari segi fisik, tetapi penampilan dari segi dresscore dan kerapian. 

Perlu diperhatikan juga dresscode apa yang menjadi ketetapan di perusahaan dan divisi Anda bekerja. Hubungilah pihak terkait untuk menanyakan hal ini. Penampilan yang sesuai dresscode dan rapi dapat memberikan kesan yang profesional sehingga ini menjadi faktor penting untuk membuat first impression yang baik di perusahaan Anda bekerja. 

2. Tidak datang terlambat

Kedisiplinan adalah kunci utama dalam pekerjaan, baik untuk karyawan baru atau bukan. Apalagi di hari pertama kerja, wajib Anda pastikan untuk datang tepat waktu atau bahkan lebih awal. Di samping itu, ini adalah sikap yang menunjukkan bahwa Anda sopan dan menghormati waktu karena bagi banyak orang waktu adalah uang. 

Supaya Anda tidak terlambat, Anda bisa mencari lokasi perusahaan sebelum hari-H. Kalau Anda adalah perantau, ketahuilah juga keadaan lalu lintas yang akan Anda lalui dalam perjalanan ke tempat kerja. Jangan sampai Anda bangun terlambat. Kalau memungkinkan siapkan juga alarm 1-2 jam sebelum berangkat supaya Anda tidak terlalu terburu-buru. 

3.  Mencoba mengenali rekan kerja

Kunci dari first impression dan adaptasi, yakni bersosialisasi dengan rekan kerja Anda. Oleh karenanya, sejak hari pertama cobalah untuk berkenalan dengan rekan kerja Anda. Mulailah dengan senyum dan sapaan yang ramah. Ada banyak topik obrolan yang bisa Anda bincangkan, mulai dari soal pekerjaan, minat, hobi, dan banyak lain. 

Dengan komunikasi yang baik sejak hari pertama kerja, selanjutnya bukan hal yang sulit lagi bagi Anda untuk bertanya atau meminta bantuan ketika Anda kesusahan dalam pekerjaan. Supaya lebih leluasa, gunakanlah waktu-waktu santai untuk membangun percakapan, contohnya saat makan siang. 

4.  Berdiskusi dengan orang lain

Setelah mulai mengenal rekan kerja, Anda bisa mulai mendiskusikan soal pekerjaan. Mulai dari budaya di perusahaan hingga hal-hal yang tabu di lingkungan. Dengan begitu, Anda tau bagaimana untuk bersikap sepantasnya dan menyesuaikan diri. Di kantor baru Jangan ragu bertanya apabila ada hal yang Anda bingungkan. Dapatkanlah saran tersebut dari rekan kerja atau atasan yang relevan dengan posisi Anda. 

5. Bersikap ramah, tapi jangan berlebihan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa bersikap ramah dengan rekan kerja itu penting. Namun, pastikan jangan sampai berlebihan, ya. Sebab Anda belum sepenuhnya mengetahui budaya di kantor tersebut pada hari pertama kerja. 

Bercanda untuk mencairkan suasana merupakan bagian dari sikap ramah, tapi sesuaikan hal tersebut dengan keadaan. Oleh sebab itu, penting halnya sikap ramah yang diimbangi dengan kesopanan. 

6. Tunjukkan semangat kerja tim

Jangan bermalas-malasan di hari pertama Anda. Pasalnya, menunjukkan impresi positif dengan sikap semangat akan membuat rekan kerja Anda antusias dengan kehadiran Anda. Sikap ini juga menunjukkan bahwa Anda benar-benar ingin berkontribusi di untuk tim dan perusahaan. 

Jika sewaktu-waktu tim Anda sedang berdiskusi, jangan sepenuhnya bersikap pasif hanya karena Anda karyawan baru. Tunjukkanlah sikap aktif dan kontributif. Dengan langkah tersebut, Anda menunjukkan bahwa Anda benar-benar menghargai jalannya diskusi. 

Menunjukkan sikap yang positif sangat penting di hari pertama kerja Anda. Sebab hal ini akan berguna bagi Anda untuk bertahan di lingkungan kerja yang kompetitif. Dengan begitu, Anda bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Semakin baik hubungan Anda dengan rekan kerja, maka kerjasama tim juga akan lebih mudah. Oleh sebab itu, keenam cara di atas sangat penting untuk Anda terapkan di kantor baru Anda. 

Whatsapp