BINUS University Menangkan Penghargaan Bergengsi dari Alibaba Cloud Indonesia

Di ajang penghargaan Alibaba Cloud Indonesia yang diselenggarakan di Kempinski Bali Room, Jakarta pada tanggal 9 Agustus 2023 lalu, BINUS University berhasil meraih penghargaan “Academic Excellence Award of the Year” dari Alibaba. Kemenangan ini semakin membuktikan kualitas pendidikan yang diberikan oleh BINUS University. Terutama, melalui kegiatan pelatihan dan sertifikasi atas kerja sama dengan Alibaba Cloud untuk program Magister Teknik Informatika (MTI) BINUS Graduate Program.

Kemenangan Gemilang BINUS University di Alibaba Cloud Awards

“Academic Excellence Award of the Year” adalah penghargaan yang diberikan oleh Alibaba Cloud kepada universitas partner dengan kualitas pelatihan terbaik serta partisipasi aktif dalam program Alibaba. 

Maka dari itu, penilaian untuk calon penerima penghargaan ini mencakup beberapa hal seperti adanya digitalisasi dan keterbukaan akses informasi, komunikasi dan hubungan kerja sama yang baik dengan Alibaba, keaktifan mengikuti pelatihan Alibaba Cloud, ulasan brand menurut hasil pencarian di internet, serta pelaksanaan program pembelajaran daringnya.

Dengan kriteria penilaian yang menyeluruh dan cukup ketat, kemenangan BINUS University di ajang penghargaan Alibaba Cloud Indonesia mampu menunjukkan kualitas kurikulum pendidikan teknologi bagi mahasiswanya. Hal ini sejalan dengan visi dan misi BINUS University untuk menjadi salah satu perguruan tinggi Indonesia terbaik di negeri ini. Utamanya, untuk menelurkan calon-calon ahli teknologi yang cakap sekaligus memiliki kesadaran tinggi terhadap tren terkini, sehingga BINUS University dapat memenuhi permintaan industri.

Wujud Kerja Sama Alibaba dan BINUS University

Untuk mendukung pengembangan talenta muda di bidang teknologi, Alibaba Cloud menggandeng dua universitas di Indonesia sebagai partner-nya, salah satunya BINUS University. Selama beberapa tahun belakangan ini, program Magister Teknik Informatika (MTI) dari BINUS Graduate Program telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud untuk mengasah pemahaman serta kemampuan para mahasiswa dalam bidang cloud computing.

Berkat adanya hubungan kerja sama dengan Alibaba Cloud Indonesia, mahasiswa MTI berkesempatan memperoleh sertifikasi Alibaba Cloud Associate (ACA) melalui program pelatihan intensif selama seminggu. Program pelatihan ini dibawakan oleh Bapak Sani Muhammad Isa selaku Direktur BINUS Graduate Program dan certified trainer untuk sertifikasi ACA. 

Selain itu, pelatihan ACA untuk mahasiswa MTI merupakan bagian yang terintegrasi dengan tugas dan penilaian mata kuliah Mobile Technology & Cloud Computing. Dengan demikian, setelah lulus, mereka bisa memperoleh sertifikasi tersebut. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mahasiswa MTI dapat menjalani ujian sertifikasi Alibaba Cloud Indonesia dalam tingkatan yang lebih tinggi, yaitu Alibaba Cloud Professional (ACP). 

Namun, bukan hanya mahasiswa yang merupakan target peserta pelatihan Alibaba Cloud Indonesia, sebab dosen MTI juga dapat mengikuti program tersebut untuk mengembangkan kemampuan mereka. Kemudian, para pemegang sertifikat ACA akan memperoleh kesempatan untuk menjadi pelatih program sertifikasi ACA sebagaimana Bapak Sani Muhammad Isa, yaitu melalui program Train the Trainer (TTT). Jadi, jumlah lulusan jurusan teknologi yang menguasai cloud computing dan mampu membuktikannya pun akan semakin bertambah.

Harapan BINUS University Melalui Alibaba Cloud Indonesia

Selama durasi hubungan kerja sama ini, Alibaba Cloud Indonesia selalu membantu BINUS University melatih kemampuan para mahasiswanya. Sebab, Alibaba telah memberikan banyak dukungan untuk program pelatihan secara remote maupun tatap muka. Sehingga, inisiatif pengembangan talenta untuk bidang teknologi ini sangat bermanfaat bagi sivitas akademika BINUS University, terutama program Magister Teknik Informatika. 

Maka dari itu, BINUS University berharap agar kerja sama ini terus berlanjut hingga ke depannya agar jumlah ahli cloud computing semakin meningkat. Apalagi, industri cloud computing diperkirakan akan bertambah lukratif seiring dengan canggihnya perkembangan Internet of Things (IoT), 5G, machine learning, dan artificial intelligence.

BINUS University berhasil menjadi partner university terbaik bagi Alibaba Cloud Indonesia, terbukti dari penghargaan “Academic Excellence Award of the Year” yang dipersembahkan pada acara makan malam dan apresiasi partner Alibaba Cloud di Kempinski Hotel Bali Room, Jakarta. BINUS University resmi memperoleh penghargaan bergengsi tersebut pada tanggal 9 Agustus 2023 lalu.

Kemenangan ini merupakan bukti dari komitmen BINUS University untuk membina hubungan kerja sama dengan Alibaba Cloud Indonesia dan memberikan pendidikan berkualitas. Apalagi, kerja sama ini bertujuan mengembangkan talenta di bidang cloud computing melalui pelatihan dan sertifikasi wajib untuk program Magister Teknik Informatika (MTI) BINUS Graduate Program.