Pahit Manis Reyhan Rifqy Rifaldo Raih IPK Sempurna di BINUS Graduate Program

Menjalani kuliah S2 di sela-sela kesibukan sebagai pegawai kantoran memang cukup menantang. Tanpa persiapan dan strategi yang matang, bisa jadi akan ada tugas atau tanggung jawab yang terbengkalai. Namun, menjalani peran sebagai mahasiswa S2 dan pegawai bukanlah hal mustahil selama ada manajemen waktu yang tepat. Hal inilah yang dilakukan oleh Reyhan Rifqi Rifaldo, alumni BINUS Graduate Program yang baru saja lulus pada Juli 2023 lalu.

Motivasi Utama Reyhan Kuliah S2

Reyhan berprofesi sebagai pegawai kantoran saat ia mulai kuliah S2 di Program Magister Akuntansi BINUS Graduate Program. Ia sadar bahwa dunia kerja bersifat dinamis sehingga kebutuhannya terus berubah. Tanpa skill yang diasah, bukan tidak mungkin ia akan tertinggal dari SDM lain.

Berangkat dari kesadaran tersebut, Reyhan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill di bidang akuntansi agar bisa memenuhi kebutuhan di dunia kerja. Di samping itu, kuliah S2 juga menjadi salah satu bentuk upaya Reyhan untuk membahagiakan kedua orang tuanya.

Namun, profesinya sebagai pegawai kantoran membuat Reyhan harus pintar membagi waktu. Program Fast Track menjadi solusi bagi alumni BINUS satu ini karena memungkinkan ia untuk lulus kuliah S1 dan S2 dalam lima tahun saja. Dengan akselerasi seperti ini, Reyhan jadi bisa menghemat waktu, biaya, dan lebih cepat mengejar karier.

Cara Reyhan Bagi Waktu untuk Kuliah dan Pekerjaan

Reyhan mengaku bahwa waktu merupakan tantangan besar selama ia menjalani kuliah S2. Ia harus bisa membagi waktu antara diri sendiri, keluarga, kuliah, dan pekerjaan. Pada akhirnya, ia berhasil melakukan hal tersebut dengan menerapkan manajemen prioritas pada tugas dan tanggung jawab yang harus ia selesaikan.

“[Saya] mengurutkan tugas-tugas yang lebih urgent atau lebih penting untuk dilakukan sekarang, sampai ke tugas-tugas yang kurang urgent atau belum penting untuk segera dilakukan,” jelas Reyhan ketika ditanya tentang cara membagi waktu. Jadi, bagi Anda yang tertarik berkuliah S2, tapi masih ragu karena harus membagi waktu dengan kesibukan lain, strategi manajemen prioritas dari Reyhan bisa diterapkan.

Kesan Tak Terlupakan Menjadi Alumni BINUS 

Meskipun penuh dengan tantangan, terutama dalam hal manajemen waktu, Reyhan mengaku bahwa kuliah S2 di Program Fast Track Magister Akuntansi BINUS Graduate Program merupakan masa yang memorable. 

Salah satu program studi unggulan BINUS UNIVERSITY ini memiliki track pembelajaran yang jelas. Apalagi, hal tersebut juga didukung dengan lingkungan akademis yang mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan problem-solving serta analytic yang kuat, sehingga nantinya para alumni BINUS Graduate Program dapat memenuhi kebutuhan industri yang relevan.

Selain dari segi keilmuan, Reyhan juga mendapat kesempatan untuk menjalin networking dengan banyak teman baru. Tak hanya itu, ia pun merasa senang bisa bertemu dengan dosen-dosen yang ahli dan kompeten di bidang masing-masing, khususnya dalam ranah akuntansi yang menjadi jurusan pilihannya.

Tekankan Pentingnya Support dari Dosen 

Kompetensi ternyata bukan satu-satunya hal memorable yang dirasakan Reyhan dari dosen-dosen Program Fast Track Magister Akuntansi BINUS Graduate Program. Para dosen juga memberinya dukungan yang besar selama proses perkuliahan sehingga ia pun terus terpacu untuk belajar, dan pada akhirnya berhasil mendapatkan gelar wisudawan terbaik dengan IPK 4.00.

“Tidak hanya kompeten, namun juga supportive. Menurut saya, itu sangat memorable karena dosen-dosen tersebut dapat membantu dan mendukung saya untuk terus mencapai posisi saya saat ini,” ungkap alumni BINUS Graduate Program yang lulus pada Juli 2023 lalu ini.

Namun, dukungan dari dosen tentu tidak ada artinya tanpa disertai usaha yang besar. Agar bisa lulus S2 tepat waktu dengan nilai memuaskan, Reyhan berpesan agar mahasiswa tidak berhenti mengembangkan diri. Terus tumbuhkan niat untuk belajar, dan jangan ragu berkonsultasi kepada dosen apabila menemui masalah.

Keterbatasan waktu bukan menjadi penghalang bagi Reyhan Rifqi Rifaldo untuk mendapatkan gelar Magister Akuntansi di sela-sela kesibukan sebagai pegawai. Dengan menerapkan manajemen prioritas, alumni BINUS Graduate Program ini mampu lulus S2 tepat waktu dengan IPK sempurna.

Tak hanya itu, ia juga bisa lebih cepat mengejar karier berkat Program Fast Track BINUS University, yang memungkinkannya untuk lulus S1 dan S2 dalam lima tahun. Tertarik untuk mengikuti jejak Reyhan? Kunjungi website BINUS Graduate Program untuk informasi selengkapnya!

Whatsapp