Keseruan Program Immersion to Japan Doctor of Computer Science BINUS University

Teknologi merupakan bidang yang mampu menghubungkan sebuah industri di suatu wilayah dengan bisnis di lokasi lain. Maka dari itu, semua pihak yang terlibat harus senantiasa mengembangkan kemampuannya untuk berpartisipasi sebagai warga internasional di tengah maraknya globalisasi. 

Hal ini juga berlaku untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi, sehingga BINUS University mengadakan program Immersion to Japan khusus mahasiswa dan alumni program Doctor of Computer Science (DCS) pada tanggal 21 Agustus 2023 hingga 24 Agustus 2023 lalu.

Latar Belakang Penyelenggaraan Immersion to Japan

BINUS University menyadari bahwa agar para calon ahli teknologi masa depan tetap kompetitif di era teknologi yang senantiasa berkembang dengan dinamis, mereka perlu pengalaman langsung dengan budaya yang berbeda. Selain itu, mereka juga memerlukan wadah untuk mengembangkan kemampuan mereka serta mendapatkan sertifikasi yang diakui di berbagai negara.

Maka dari itu, untuk pertama kalinya, program S3 BINUS University menyelenggarakan program Immersion to Japan yang menyasar mahasiswa aktif serta alumni program studi Doctor of Computer Science. Acara ini berlangsung selama  5 hari di Kitakyushu, Jepang dengan berbagai kegiatan yang memberikan banyak wawasan teknologi sekaligus memperkenalkan para peserta dengan budaya Jepang. 

Selama durasi acara tersebut, ada 3 orang mahasiswa Doctor of Computer Science yang membawa anggota keluarga mereka. Selain itu, mereka juga didampingi oleh seorang dosen pembimbing, yaitu Ibu Dr. Ir. Yulyani Arifin, S.Kom., M.M., IPP. selaku Deputy Head of Department program Doctor of Computer Science.

Kegiatan Utama Immersion to Japan

Sesuai dengan tajuk yang diangkat, yaitu Immersion to Japan, acara spesial ini menghadirkan berbagai mata acara yang bertujuan mengasah kemampuan, pengetahuan teori, serta pengetahuan budaya para pesertanya. 

Pada hari pertama, semua partisipan mengikuti seminar di Kitakyushu International Conference Center yang membahas ilmu teori dan praktik dalam bidang social optimization dan rational design. Dengan demikian, para peserta bisa belajar dari Profesor Satoshi Takahashi, Ph.D. bagaimana calon akademisi seperti mereka dapat berpartisipasi dalam perkembangan isu tersebut. Kemudian, sesi seminar dilanjutkan dengan pelatihan sertifikasi internasional.

Pada hari kedua hingga hari terakhir acara Immersion to Japan BINUS University, para mahasiswa dan alumni akan berkesempatan mengunjungi berbagai destinasi yang terkenal akan kemajuan teknologinya, seperti Kitakyushu Eco-Town Center, TOTO Museum, Kyushu Railway and Train Museum, dan pusat daur ulang di Water Plaza Kitakyushu. 

Tak sampai di sana saja, mereka juga menjalani tur ke pabrik Akama Jozo untuk mengetahui proses produksi Miso  berbasis teknologi di sana serta budaya industrinya. Di sela-sela acara, para peserta bisa menikmati berbagai sajian lezat khas Jepang di tempat-tempat bernuansa tradisional dengan pemandangan terbaik.

Harapan BINUS University untuk Doctor of Computer Science

Mengingat Immersion to Japan adalah program internasional immersion pertama dari Doctor of Computer Science, BINUS University menaruh banyak harapan untuk kesuksesan acara ini. Maka dari itu, Ibu Dr. Ir. Yulyani Arifin, S.Kom., M.M., IPP. berkata, “Semoga dengan adanya acara ini, mahasiswa dan alumni bisa mendapatkan pengalaman internasional untuk membangun karier mereka.”

Selain exposure terhadap budaya yang berbeda, beliau juga berharap setiap sesi seminar dan pelatihan yang diadakan selama durasi Immersion to Japan dapat meningkatkan kemampuan mereka agar siap bersaing setelah lulus. Apalagi, jika dipadukan dengan proses industri di negara lain, mereka akan memiliki pengetahuan yang lebih menyeluruh untuk berkontribusi bagi kemajuan teknologi di latar nasional maupun internasional.

Untuk pertama kalinya, program study DCS BINUS Universitys menyelenggarakan program Immersion to Japan secara khusus bagi mahasiswa aktif dan alumni program Doctor of Computer Science. Acara yang berlangsung selama tanggal 20 Agustus 2023 sampai 25 Agustus 2024 ini membawakan pelatihan sertifikasi teknologi internasional, seminar tentang isu terkini di bidang teknologi, serta kunjungan ke landmark teknologi ternama di daerah Kyushu. 

Dengan demikian, BINUS University berharap agar para peserta program ini dapat memperoleh lebih banyak pengalaman baru serta pengetahuan yang lebih mendalam agar mereka bisa menciptakan karier yang gemilang setelah lulus.

 

Whatsapp