Begini Cara Self Reward Tingkatkan Motivasi Kerja!

Digitalisasi sering kali membuat seseorang harus mampu menyelesaikan tugas secepat dan sebanyak mungkin. Jika dilakukan sehari-hari, hal sederhana itu mungkin terkesan remeh, tapi bisa memberi dampak yang cukup melelahkan bagi kesehatan mental dan psikis manusia. Akibatnya, produktivitas kerja pun menurun. Padahal, Anda dapat melakukan self reward untuk meningkatkan semangat dan produktivitas kerja. Memangnya, apa itu self reward dan seperti apa manfaatnya bagi seseorang?

Apa Itu Self Reward?

Seperti artinya dalam bahasa Indonesia, self reward adalah kegiatan memberi hadiah pada diri sendiri. Hal ini umumnya dilakukan setelah Anda atau seseorang berhasil mencapai goals tertentu. Tujuannya tentu untuk menghargai diri sendiri karena telah berjuang sejauh ini.

Memberi reward setelah mencapai sebuah tujuan atau goal itu perlu, sebab dengan begini Anda jadi lebih menghargi setiap proses yang akan dijalani berikutnya. Self reward juga bisa menjadi sarana untuk stress release sesudah Anda melewati proses yang berat.

Tidak selalu berhubungan dengan barang mewah, bentuk self reward itu juga bisa Anda wujudkan dengan membeli barang atau jasa yang terjangkau, asalkan dari awal sudah diniati bahwa pembelian tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap apa yang Anda lakukan.

Manfaat Self Reward untuk Bangun Motivasi Kerja

Mendukung pernyataan sebelumnya, memberikan penghargaan untuk diri sendiri itu penting karena punya beberapa manfaat. Berikut di antaranya yang dapat Anda rasakan.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat self reward yang pertama adalah meningkatkan kepercayaan diri. Bagaimana bisa? Dengan merencanakan penghargaan diri setelah menyelesaikan sesuatu, ini akan memicu Anda untuk terus melakukan hal baik tersebut selama berulang-ulang. Kebiasaan baik yang dilakukan secara berulang tentunya punya dampak terhadap perkembangan psikologis seseorang.

Jika seseorang punya kebiasaan baik yang membuatnya bisa mencapai banyak hal, ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Tingkat percaya diri yang cukup itu juga diperlukan dalam dunia kerja, sebab Anda jadi bisa tampil secara lebih baik apabila diperlukan saat presentasi atau pitching proyek tertentu.

2. Menjaga fokus terhadap kebiasaan

Rutin menjadwalkan self reward juga akan membuat Anda fokus terhadap kebiasaan baik yang tengah dibangun. Bagaimana tidak? Ketika Anda merasa dihargai setelah menyelesaikan tugas berat, pastinya ini akan membuat Anda tidak trauma untuk menjalani beberapa proses menantang selanjutnya. Bisa dibilang, Anda jadi fokus untuk mengerjakan sebaik-baiknya supaya tujuan berhasil tercapai.

Merencanakan self reward juga sangat baik untuk mengatur prioritas Anda. Penghargaan layak atas hal-hal yang Anda berhasil lakukan cenderung membuat Anda terhindar dari distraksi. Itu artinya, Anda bisa segera menyelesaikan kewajiban tersebut secepat mungkin, sehingga efisien dari segi waktu maupun biaya. Bukan Anda saja yang diuntungkan, perusahaan tempat Anda bekerja pun pasti akan menikmati hasilnya.

3. Membangun ketahanan terhadap kegagalan

Karena self reward yang dilakukan secara rutin bisa membuat Anda cepat menyelesaikan tugas, kebiasaan ini mungkin juga akan membuat Anda tahan apabila harus menerima kegagalan. Mengapa? Pasalnya, Anda sudah pernah merasa bahkan sering dihargai atau divalidasi setelah melakukan suatu yang berat. Sehingga, Anda cenderung akan bersikap baik terhadap diri sendiri apabila hasilnya kurang bagus sekalipun. Sebab, Anda tahu bahwa risiko gagal selalu menjadi hal yang harus Anda tanggung setiap mengerjakan sesuatu.

Contoh Self Reward

Ada banyak sekali ragam self reward yang dapat Anda lakukan. Mulailah dengan mengenali hal-hal yang Anda sukai. Apakah Anda senang melakukan aktivitas yang menenangkan jiwa atau membeli barang mahal sebagai bentuk menyenangkan diri sendiri? Jika Anda suka pilihan pertama, coba simak beberapa rekomendasi aktivitas berikut.

Memberi penghargaan pada diri sendiri itu tidak harus mahal. Anda dapat menenangkan batin dengan cara pergi ke salon terdekat, lakukan creambath, hair mask, atau refleksi kaki. Dengan sejenak melepas penat di ekosistem salon yang syahdu, Anda bisa merasa lebih baik.

Namun, apabila Anda senang membeli barang sebagai cara memberi reward pada diri sendiri, cobalah untuk membeli barang-barang berkualitas yang memang Anda butuhkan. Misalnya, apabila parfum Anda sedang habis, belilah pewangi yang sudah lama diidam-idamkan. Sekarang ini sudah banyak parfum lokal yang punya wangi enak, Anda bisa memilih ini jika tetap ingin on budget.

Self reward merupakan hal yang baik bila Anda melakukannya dengan bijaksana, alias jangan sampai hal ini malah menjadi alasan bagi Anda untuk berfoya-foya atau membahayakan kesehatan. Anda bisa melakukannya dengan membeli barang-barang sederhana atau sekadar melakukan kegiatan favorit Anda di waktu senggang.

Whatsapp