Rekomendasi 5 Website AI untuk Dorong Produktivitas

Saat ini, teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan sudah berkembang dengan semakin canggih. Dahulu, fungsi teknologi ini mungkin hanya terbatas pada mengidentifikasi sebuah objek, tapi sekarang sudah berbeda. 

Justru, Anda bisa menemukan banyak website AI canggih yang dapat mempermudah kegiatan pekerjaan Anda, sehingga Anda bisa menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu singkat. Jadi, apa pun bidang pekerjaan Anda, Anda dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk menunjang produktivitas. Berikut adalah beberapa rekomendasi terbaiknya.

1. Copy.ai

Sebagai copywriter, mencari ide untuk tulisan yang menarik terkadang bisa sangat menantang. Sebab, Anda harus banyak-banyak mempertimbangkan tren saat ini sekaligus kata-kata yang sesuai dengan selera target audiens. Apalagi, Anda juga perlu tulisan yang singkat, padat, dan jelas. 

Namun, dengan adanya Copy.ai, proses pembuatan tulisan akan lebih mudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Rahasianya, website AI satu ini bisa memberikan Anda ide kalimat tagline dan bahkan artikel panjang berdasarkan kata kunci topik yang Anda inginkan dalam waktu singkat. Lalu, Anda cukup memodifikasi hasil tulisan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

2. AutoDraw

Membuat sketsa gambar dan menyempurnakannya membutuhkan banyak waktu. Tapi, Anda bisa menghemat waktu yang diperlukan menggunakan website AutoDraw. Sesuai namanya, ini adalah website AI yang bisa merapikan sebuah gambar yang berantakan secara otomatis. 

Selain membuat gambar sendiri, Anda juga dapat mengandalkan referensi dari AutoDraw untuk menghasilkan gambar dengan bantuan AI. Jadi, teknologi ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja di industri kreatif, terutama seni dan marketing, serta ingin menghemat waktu pembuatan konten. Sebab, Anda tinggal menyimpan gambar yang telah dihasilkan AutoDraw dan memasukkannya ke template sendiri yang sudah dibuat sebelumnya.

3. GitHub Copilot

Untuk Anda yang bekerja di bidang teknologi, terutama sebagai programer dan developer, Anda pastinya tidak asing lagi dengan rutinitas menulis berbaris-baris kode. Di saat yang bersamaan, Anda juga harus mencari banyak referensi sekaligus melakukan uji coba untuk memastikan bahwa kode Anda bebas dari bug. Semua ini bisa menyita banyak waktu, tapi untungnya ada GitHub Copilot yang bisa membantu. 

Cara kerjanya, Anda cukup memberikan kata kunci permintaan tentang kode yang ingin dihasilkan, dan GitHub akan menulisnya berdasarkan banyaknya informasi open source dalam database-nya. Selain itu, Anda dapat langsung menjalankan kode tersebut dan menemukan celah di dalamnya agar proses testing lebih cepat selesai.

4. Fontjoy

Pernahkah Anda bingung saat harus memasangkan satu jenis tulisan dengan yang lainnya untuk membuat desain menarik? Pemilihan font memang akan menentukan hasil akhir dari konten Anda, sehingga Anda perlu pertimbangan matang. Tapi, kalau Anda kesulitan mencari pasangan font yang cocok, Anda bisa menggunakan website AI khusus untuk tujuan tersebut: Fontjoy. 

Untuk menggunakannya, Anda tinggal menggeser slider pada bagian atas halaman website berdasarkan kebutuhan, entah itu pasangan font yang hampir mirip atau yang sangat kontras. Kemudian, Fontjoy akan menunjukkan hasil akhirnya secara langsung, lengkap dengan link ke Google Fonts supaya Anda bisa memasukkan kombinasi font yang dihasilkan ke file proyek saat ini.

5. Canva AI

Canva sudah lama terkenal sebagai website khusus desain visual yang sangat mudah berkat teknologi drag-and-drop. Untuk menjawab kebutuhan industri, kini website ini sudah menghadirkan terobosan baru dalam bentuk Canva AI. 

Tidak berbeda jauh dengan fungsi utama Canva sebelumnya, Anda bisa menggunakan teknologi Canva AI untuk meningkatkan kualitas foto yang buram, menghasilkan gambar berdasarkan kata kunci, menambahkan voice over tanpa harus merekam sendiri, dan bahkan avatar khusus. Jadi, apa pun jenis konten yang Anda inginkan, Anda bisa menyulapnya supaya lebih menarik secara otomatis dengan bantuan kecerdasan buatan.

 

Kelima website AI yang sudah disebutkan memang dapat mempermudah pekerjaan Anda agar lebih hemat waktu, apa pun bidangnya. Agar hasilnya lebih efektif, pastikan Anda memperhatikan cara menggunakan AI dengan tepat. 

Pertama, selalu periksa kembali kualitas hasil kerja yang dihasilkan oleh AI secara teliti sebelum menggunakannya untuk proyek Anda. Lalu, saat ingin menghasilkan karya dengan AI, pastikan Anda tidak menyertakan informasi sensitif dalam prompt atau kata kunci agar privasi data Anda tetap terjaga. Dengan penggunaan AI yang bijak, Anda bisa melindungi diri sekaligus menunjang produktivitas.

 

Whatsapp