Cara Menumbuhkan Kesiapan Mental untuk Kuliah S2

Menempuh pendidikan lanjut seperti S2 itu mungkin menjadi cita-cita banyak orang. Meski begitu, tak banyak yang akhirnya benar-benar terjun lagi ke kampus untuk mewujudkannya. Tidak heran, sebab kuliah S2 itu berbeda dengan ketika Anda menempuh S1. Bagaimana tidak? Menyelesaikan kuliah pascasarjana tak butuh kecerdasan otak saja, melainkan juga mental yang matang. Meski begitu, bukan berarti ini tak mungkin untuk Anda wujudkan, kok. Anda bisa berupaya untuk mempersiapkan mental yang matang dengan melatih lima hal berikut.

1. Tumbuhkan Growth Mindset

Hal pertama yang mesti Anda siapkan ketika akan kuliah S2 adalah menumbuhkan growth mindset dalam diri Anda. Memiliki standar cukup untuk diri sendiri memang akan membuat Anda lebih mudah mensyukuri hal-hal yang terjadi dalam hidup. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga untuk memiliki growth mindset, lho.

Mindset inilah yang justru membuat Anda tak pernah puas, dalam konteks positif, khususnya kuliah S2. Karena kuliah pascasarjana itu biasanya diambil untuk semakin memperluas pengetahuan dan pengalaman, menumbuhkan growth mindset tentu akan sangat cocok. Ini akan membuat Anda semakin tidak mudah puas dan terus mencari pengetahuan serta pengalaman semaksimal mungkin.

2. Manajemen Waktu dengan Disiplin

Menjalani kuliah pascasarjana juga menuntut kemampuan manajemen waktu. Pasalnya, durasi belajarnya dua kali lipat lebih singkat dibandingkan dengan S1, yakni 2 tahun saja. Dalam rentang waktu terbatas, Anda mesti bisa menerima materi pembelajaran sekaligus menyelesaikan tesis atau tugas akhir untuk mahasiswa S2.

Ditambah lagi, para mahasiswa S2 biasanya juga sudah banyak yang berkeluarga atau menjalaninya sembari meniti karier. Ini pastinya akan memakan banyak waktu sekaligus menguras pikiran Anda. Itulah mengapa skill time management Anda sangat diperlukan. Selain itu, komitmen untuk mematuhinya juga menjadi hal lain lagi yang tak kalah penting.

3. Dorongan Intrinsik yang Kuat

Berikutnya, pastikan bahwa Anda melanjutkan studi S2 tak hanya untuk naik jabatan atau memenuhi persyaratan tertentu. Banyaknya materi dan tugas yang mesti Anda terima tentunya tak bisa diselesaikan dengan baik apabila motivasi Anda hanya untuk memenuhi kebutuhan administrasi.

Itulah mengapa, penting sekali untuk memiliki dorongan yang kuat dari dalam diri Anda. Dengan mempunyai dorongan kuat, Anda jadi mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya survive sampai akhir masa S2. Langkah berikutnya adalah dengan memilih program studi yang paling sesuai dengan minat Anda supaya pemaparan materi dari dosen lebih mudah Anda pahami.

4. Kemauan untuk Belajar dengan Cepat

Selain tiga hal di atas, S2 itu juga perlu didukung dengan kemauan dan kemampuan untuk fast learning, terlebih bagi Anda yang mengambil program studi berbeda dari kuliah S1. Upaya yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan hal ini adalah dengan membuat mind map agar materi dapat lebih mudah dipahami.

Jika tak ingin mengubah materi dari dosen ke dalam bentuk visual, Anda juga bisa membuat perbandingan. Semisal, Anda bisa membuat perbandingan antara materi gelombang radio dengan hal-hal yang lebih mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, Anda pun dapat mengingat materi secara lebih praktis dan menyenangkan.

5. Inisiatif untuk Terus Berkembang

Sama seperti aplikasi dalam smartphone, ilmu pengetahuan dan pengalaman Anda juga perlu untuk terus di-update atau dikembangkan. Dengan cara inilah Anda bisa survive di dunia yang terus berubah dari waktu ke waktu. Namun, untuk mewujudkannya, Anda harus mempunyai inisiatif untuk terus berkembang.

Berkembang dalam hal ini juga tidak melulu soal ilmu pengetahuan di bangku perkuliahan, lho. Anda bisa memulainya pada aspek kehidupan lainnya karena pada akhirnya ini akan memengaruhi bagaimana ketika Anda menjalani kuliah S2. Lebih jauh lagi, inisiatif untuk terus berkembang juga bagus untuk Anda terapkan selagi bekerja di perusahaan atau bisnis.

Kuliah S2 itu berbeda dengan S1 karena terdapat lebih banyak tugas dan durasi tempuhnya singkat. Itulah mengapa Anda harus menyiapkan lima hal di atas agar perjalanan studi pascasarjana Anda lancar dan sesuai target. Jangan lupa juga untuk memilih BINUS Graduate Program sebagai tempat Anda menimba ilmu. Hanya bersama kami, Anda bisa menjalani perkuliahan berstandar internasional dengan dosen pengampu studi yang tak perlu diragukan lagi pengalamannya. Mari kunjungi website BINUS Graduate Program untuk informasi lebih lengkap!

 

Whatsapp