Bagaimana Big Data Bisa Untungkan Masyarakat?

Perkembangan teknologi yang kian pesat memberi banyak pengaruh pada cara manusia belajar, bekerja, bahkan berinteraksi. Nampaknya, hal ini juga berdampak pada cara bisnis beroperasi karena teknologi membuat perusahaan harus mengumpulkan lebih banyak data dari pelanggan. Data berjumlah besar inilah yang dapat disebut big data. Namun, bagaimana cara perusahaan mendapatkan data dan apa kegunaan data ini untuk keberlangsungan usaha? Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Itu Big Data?

Big data mengacu pada kumpulan data yang sangat besar dan kompleks, yang sulit atau tidak mungkin untuk diproses menggunakan metode pengolahan data tradisional. Data ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti media sosial, transaksi online, hingga alat komunikasi. Lantas, apa yang membedakan big data ini dengan beberapa jenis lainnya?

Karakteristik utama big data dikenal dengan istilah “3V”, yakni Volume (jumlah data), Velocity (kecepatan pengumpulan data), dan Variety (beragam jenis data). Ketika sebuah data terbukti memiliki jumlah yang banyak, tersedia dalam beragam bentuk (mulai dari teks, gambar, atau video), dan terkumpul dalam jumlah cepat, maka itu disebut sebagai big data.

Tujuan Utama Big Data

Tujuan utama dari penggunaan big data dalam ranah bisnis adalah untuk mengolah dan menganalisis kumpulan data besar untuk mendapatkan wawasan yang berharga. Analisis ini memungkinkan para stakeholder mengambil keputusan tepat secara lebih cepat dan efektif, baik dalam skala bisnis maupun pemerintahan.

Big data juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren dan pola yang sebelumnya tidak terlihat. Hal ini tentunya penting bagi bisnis karena akan mempermudah proses inovasi dan peningkatan layanan perusahaan. Sebab, pada akhirnya, bisnis yang sentiasa berkembang dan berinovasi selalu bertahan di tengah berbagai kondisi.

Manfaat dan Keuntungan Big Data

Sebagai teknologi termutakhir yang banyak diterapkan oleh sektor bisnis hingga pemerintahan, big data tentu menawarkan manfaat dan keuntungan cukup signifikan.

1. Membantu pemantauan lingkungan

Big data memainkan peran penting dalam pemantauan dan perlindungan lingkungan. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari satelit, sensor, dan sumber lain, kita dapat memantau perubahan iklim, polusi, dan fenomena lingkungan lainnya secara lebih efektif. Hal ini memungkinkan pemerintah dan organisasi lingkungan untuk mengambil tindakan pencegahan dan melindungi keberlangsungan planet kita.

2. Meningkatkan kualitas layanan bisnis

Perusahaan dapat menggunakan big data untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. Pasalnya, analisis data pelanggan membantu bisnis memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih baik. Lalu, nantinya bisnis dapat menyediakan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan keinginan pasar.

Misalnya, di era seperti sekarang ini, pelanggan ingin lebih dimengerti oleh orang lain. Maka, sebagai layanan pemerintahan maupun bisnis, usahakan untuk selalu membalas chat atau telepon pelanggan, lalu jangan lupa sediakan juga catatan keluhan dan kebutuhan yang disampaikan oleh mereka. Ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga efisiensi operasional bisnis.

3. Mempermudah analisis pelanggan

Big data memudahkan perusahaan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami perilaku pelanggan. Dengan menganalisis tren pembelian, preferensi, dan umpan balik pelanggan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi pemasaran mereka supaya lebih efektif. Strategi marketing yang pas tentunya bisa menjangkau pasar secara lebih massif, sehingga akan lebih banyak konsumen atau target pembeli baru.

4. Pelacakan secara real-time

Big data memungkinkan pelacakan dan pemantauan secara real-time. Hal ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk bisnis logistik. Sebab, dengan adanya tracking real-time, Anda dapat melacak pengiriman terkini, memastikan lembaga perbankan supaya dapat mendeteksi penipuan, bahkan memantau kondisi pasien. Kemampuan ini meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam berbagai sektor.

Big data telah membuka pintu untuk kemungkinan-kemungkinan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. Dari meningkatkan upaya pemantauan lingkungan hingga meningkatkan kualitas layanan bisnis, mempermudah analisis pelanggan, hingga pelacakan secara real-time, sekarang berbagai sektor bisnis dapat merasakan dampaknya.

Memanfaatkan big data dengan efektif akan menjadi kunci keberhasilan di masa depan, termasuk bisnis Anda. Dengan demikian, big data tak hanya sebatas konsep teknologi, tetapi juga menjadi kekuatan pendorong bagi kemajuan masyarakat dan dunia. Mari terapkan big data dalam kehidupan Anda supaya kegiatan operasional dapat berjalan lebih efisien!

 

Whatsapp