4 Manfaat AI dan Penerapannya untuk Keamanan Data

Di era digital seperti sekarang ini, data menjadi harta karun perusahaan atau bisnis yang mesti dijaga sebaik-baiknya. Sebab, sesuai perkembangan teknologi yang semakin canggih, pencurian data pun semakin beragam metodenya. Sebagai solusinya, sebuah perusahaan kini dapat mengandalkan kecakapan Artificial Intelligence (AI) untuk keamanan data. Memangnya, apa manfaat AI ini?

AI adalah teknologi terkini yang dikembangkan untuk membantu berbagai sektor dalam kehidupan, termasuk bisnis. Tak hanya bisa melindungi dataset perusahaan, tools ini bahkan bisa melakukan berbagai fungsi lain yang semakin mengefisienkan operasional usaha. Ingin tahu lebih lengkap? Baca terus artikel ini sampai habis, ya!

4 Manfaat AI untuk Keamanan Data

Manfaat AI untuk melindungi data perusahaan itu dapat dijabarkan lagi dalam beberapa jenis. Berikut adalah empat contoh yang bisa Anda pahami dengan mudah.

1. Meningkatkan akurasi deteksi keamanan

Persis seperti yang sudah disebutkan di atas, kemajuan teknologi tak hanya menciptakan berbagai tools canggih untuk memperlancar kegiatan usaha, tapi juga mengembangkan ancaman melalui media online. Inilah mengapa ada banyak sekali jenis cyberattacks yang mungkin menghampiri Anda. Dari sekian banyaknya jenis cyberattacks ini, AI dapat mendeteksi secara lebih akurat, sehingga perusahaan Anda bisa terhindar dari ancaman keamanan yang merugikan bisnis.

2. Meningkatkan standar enkripsi data

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), enkripsi adalah metode pengodean data supaya komputer tidak dapat mengakses dan menggunakan data. Hal ini tentunya diperlukan oleh perusahaan bisnis agar dataset aman dari serangan pencuri. Di sinilah peran AI untuk meningkatkan standar enkripsi data, sehingga orang dari luar perusahaan akan lebih sulit mengakses data-data penting.

3. Mencegah risiko penipuan identitas

Penipuan merupakan salah satu jenis ancaman keamanan yang masih sering dilakukan hingga kini. Apabila seseorang berhasil membuat identitas palsu dan memasuki perusahaan Anda, keamanan data perusahaan mungkin berada di ambang kekhawatiran. Untungnya, sekarang ada AI yang dapat mencegah risiko dari penipuan tersebut lewat teknologi sidik jari (finger print) atau scan wajah.

4. Bantu menutupi celah keamanan

Sama seperti menjaga perusahaan secara offline, sistem keamanan biasanya akan ditempatkan di beberapa titik. Nah, penjagaan dataset ini juga perlu dilakukan di banyak tempat secara berlapis. Namun, ada kalanya aplikasi mengalami error sehingga muncul celah keamanan. Inilah salah satu manfaat AI yang bisa membantu menutupi celah keamanan tersebut.

Contoh Implementasi AI untuk Perlindungan Data

Apakah penjelasan di atas sudah memberikan sedikit gambaran mengenai manfaat AI dalam dunia bisnis? Supaya Anda makin punya gambaran jelas, simak contoh implementasinya di bawah ini, ya!

1. Pendeteksi risiko serangan siber

Contoh implementasi manfaat AI yang pertama adalah pendeteksi serangan siber. Tentunya, pengaplikasian di bidang ini sangat penting untuk melindungi bisnis Anda dari aneka cyberattacks yang semakin canggih. Saat sistem deteksinya dilakukan secara real-time, risiko bisa diminimalisasi.

2. Analisis keamanan endpoint aplikasi

Mobile endpoint threats juga sangat lazim melanda perusahaan yang telah mengembangkan aplikasinya sendiri. Sebagai contoh, Google menggunakan AI di sini untuk menganalisis keamanan endpoint aplikasi sehingga bisa melindungi lonjakan pengguna yang terjadi seiring waktu.

3. Proses Know Your Customer

Know Your Customer (KYC) adalah tahapan yang penting dalam bisnis. Perusahaan yang makin mengerti kebutuhan dan keinginan konsumennya cenderung akan menghadirkan produk-produk bermanfaat. Dalam hal ini, AI bisa diimplementasikan untuk mempercepat proses KYC bisnis.

Setelah membaca artikel di atas, kini Anda sudah mengerti bahwa manfaat AI itu banyak sekali, khususnya dalam ranah bisnis. Teknologi ini bisa meningkatkan akurasi deteksi keamanan, meningkatkan standar enkripsi data, mencegah risiko penipuan identitas, dan menutupi celah keamanan yang biasa terjadi. Dengan begitu, bisnis Anda akan lebih aman dari ancaman kejahatan.

Jika Anda ingin melindungi dataset perusahaan secara efisien, jangan lupa untuk mengimplementasikan AI dalam proses operasional bisnis. Ini bisa dibilang sebagai langkah investasi dalam bisnis, selain membelanjakan pemasukan untuk aset-aset tertentu. Pastikan juga Anda melakukan riset seputar tools AI yang sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan, ya!

Whatsapp