Cara Sukses Menjadi Alumni BINUS dari Eka Ardhianto

Menempuh pendidikan tinggi itu berbeda halnya dengan menamatkan studi SMP atau SMA. Pasalnya, kita tidak hanya wajib untuk memahami ilmu-ilmu yang disampaikan dosen, melainkan juga harus mengerti bagaimana pengimplementasiannya dalam dunia nyata nanti. Ditambah lagi, ada banyak kesulitan yang mungkin terjadi selama Anda menempuh studi lanjut, misalnya seperti mengelola waktu dan saat menyusun tesis.

Meski ada banyak tantangan dan risiko yang dihadapi, Eka Ardhianto terbukti sukses menjadi salah satu alumni BINUS. Dirinya adalah seorang civitas academica yang mengajar di Unisbank Semarang. Sebelum menempuh studi S3 di BINUS dengan mengambil Computer Science, ia menamatkan studi S2-nya di Universitas Gadjah Mada dengan mengambil jurusan Teknik Informatika. Untuk mengetahui perjuangan Dr. Eka memperoleh gelar doktornya, simak artikel di bawah ini!

Tujuan Berkuliah S3 yang Penting

Eka Ardhianto, sebagai mahasiswa S3 di BINUS GRADUATE PROGRAM, menceritakan bahwa motivasi awal dirinya mengambil pendidikan tinggi doktoral adalah untuk mengikuti perkembangan zaman. Menurutnya, kemajuan zaman juga membuat ilmu pengetahuan terus berubah dan itulah yang menyebabkan setiap manusia harus terus belajar.

Selain untuk kepentingan ilmu pengetahuan, tujuan Eka Ardhianto mengambil S3 adalah untuk mematangkan pola pikirnya dalam ranah komputer. Sehingga, bisa dibilang, melanjutkan studi itu tidak sekadar hanya meng-upgrade hard skill saja, melainkan juga soft skill, yang pastinya akan sangat berperan dalam kehidupan nantinya.

Eka Ardhianto juga menambahkan bahwa seseorang akan semakin bermanfaat studinya ketika menyiapkan tugas akhir, dalam hal ini disertasi, yang terkait dengan bidang-bidang pekerjaannya. Dengan begitu, mereka akan semakin mendalami kebutuhan dan hal-hal yang dibutuhkan atau ingin ditekuni secara pribadi.

Tantangan Menjadi Alumni BINUS

Tantangan utama dalam menempuh studi S3 menurut Eka Ardhianto adalah mengendalikan diri sendiri. Ia mengaku bahwa rasa malas dan jenuh kerap kali datang menghampiri di tengah-tengah proses studi yang panjang tersebut. Meski begitu, Eka tidak menyerah dan tetap terus melanjutkan usahanya hingga berhasil mendapat gelar Doctor of Computer Science dari BINUS University.

Menurutnya, mengambil S3 itu tidak hanya perlu niat, tapi juga kesadaran bahwa beberapa hal yang menyenangkan mungkin harus tertunda untuk direalisasikan. Dengan memiliki kesadaran akan hal tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk menerima ketika hari-hari terasa sangat berat. Bahkan, Eka juga bercerita bahwa untuk mempunyai waktu luang itu sulit sekali.

Dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube BINUS GRADUATE PROGRAM, Eka membagikan pengalamannya tentang kesibukan selama menempuh studi S3. Ia bahkan menyatakan bahwa hampir tidak pernah ada waktu luang. Untuk memiliki hal itu, ia mengaku bahwa harus benar-benar mengagendakannya.

Cara Sukses di Jenjang S3 Versi Eka

Meski kesibukan menuntaskan studi S3 demi memperoleh gelar Doctor of Computer Science itu banyak sekali sampai-sampai dirinya sulit memiliki waktu luang, tapi Eka Ardhianto terbukti tetap bisa menuntaskan tanggung jawabnya sampai akhir. Karena itu, ia membagikan sepenggal tips untuk para mahasiswa maupun calon mahasiswa yang akan mengikuti jejaknya menempuh studi S3.

Hal yang paling penting ketika menempuh studi lanjutan adalah menjaga komunikasi dengan pihak-pihak terkait, misalnya dosen pembimbing dan promotor. Komunikasi yang terjalin dengan baik akan mempermudah seseorang dalam menjalani riset dan mengembangkan tesis atau disertasinya. Sehingga, kelulusan pun tidak mustahil untuk diraih secara tepat waktu.

Maka, pesannya sekali lagi pada para mahasiswa, cobalah untuk menjalin komunikasi yang baik dengan promotor karena itu merupakan aspek penting. Kemudian, laporkan setiap perkembangan riset yang dilakukan sehingga dosen bisa memberi arahan dan masukan yang mendukung rampungnya disertasi.

Kisah sukses Eka Ardhianto mencapai gelar Doctor of Computer Science dan menjadi alumni BINUS tentunya bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita semua bahwa tidak ada yang tidak mungkin, termasuk menempuh pendidikan tinggi S3. Meski proses studi selalu diiringi dengan berbagai tantangan, tapi mengikuti perkembangan zaman dengan cara meningkatkan skill di bangku perkuliahan tidak akan pernah sia-sia.

Bagi Anda yang juga ingin menempuh pendidikan doktoral seperti Eka Ardhianto, BINUS GRADUATE PROGRAM menyediakan program studi S3 untuk bidang Computer Science. Dengan kurikulum berstandar internasional, Anda pastinya akan memiliki pengalaman terbaik dan ilmu pengetahuan terkini di bidangnya. Mari tingkatkan kemampuan Anda bersama BINUS University dan jadilah alumni BINUS terbaik!

 

Whatsapp