Kerja sebelum Jadi Alumni BINUS? Kenapa Tidak!

Banyak orang mungkin memiliki cita-cita supaya bisa cepat menyelesaikan studi. Itulah mengapa pada akhirnya program fast track diperkenalkan oleh beberapa universitas, termasuk BINUS. Di Universitas BINUS, terdapat program master track yang ditujukan untuk jurusan Sistem Informasi. Sehingga, nantinya mahasiswa bisa dipercepat kelulusannya hingga 4,5 tahun untuk mendapat dua gelar sekaligus, sarjana dan magister.

Akan tetapi, nyatanya yang dialami oleh Adam Fahsyah Nurzaman, selaku salah satu alumni BINUS, dirinya tidak hanya berkesempatan mengikuti program percepatan ini, melainkan juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja full time sebelum merampungkan perkuliahannya. Lantas, bagaimana perjalanan Adam selama mengikuti perkuliahan sekaligus menjalani masa kerjanya? Simak keterangan lengkapnya di bawah ini!

Alasan Mengambil Program Fast Track

Adam Fahsyah Nurzaman adalah salah satu mahasiswa yang dulunya sempat menjadi siswa akselerasi di SMP. Ia berhasil menuntaskan sekolah menengah pertama dalam waktu 2 tahun saja. Maka, ketika dirinya mengetahui ada program serupa yang berlaku di pendidikan tinggi, Adam langsung berniat mendaftarkan diri. Itulah mengapa dirinya kemudian memutuskan untuk menjadi civitas academica di Sistem Informasi BINUS University.

Lagipula, BINUS juga tidak membedakan mahasiswa yang mengikuti program fast track maupun reguler. Sehingga, mengutip penjelasan Adam dalam kanal YouTube BINUS GRADUATE PROGRAM, ia mengaku mengikuti perkuliahan bersama-sama dengan anak-anak S1 reguler. Begitu juga dengan studi S2-nya yang tidak membedakan proses belajar mengajarnya pada mahasiswa reguler maupun fast track.

Kesibukan selama Kuliah

Tak hanya disibukkan dengan tugas-tugas perkuliahan selama mengikuti program fast track, Adam Fahsyah Nurzaman juga sudah mulai merintis kariernya sejak ia semester 4. Saat itu dirinya ditunjuk sebagai Laboratory Assistant dan dikontrak langsung oleh BINUS sebagai full time assistant hingga dua tahun berikutnya.

Selain menjadi asisten di laboratorium kampus, Adam juga pernah menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi di BINUS University. Sehingga, dirinya tak hanya dibekali kemampuan bekerja sama secara profesional sebagai full time assistant, tapi juga memeroleh pengalaman berorganisasi bersama teman sejawat dalam himpunan tersebut.

Kesempatan Kerja sebelum Lulus

Pengalaman Adam yang pernah mencicipi pengalaman bekerja sebelum lulus bisa dibilang menjadi cita-cita banyak orang. BINUS University selaku institusi pendidikan menetapkan durasi maksimal mahasiswanya untuk mencari pengalaman magang. Bagi mahasiswa S2 reguler sendiri, BINUS menetapkan rentang waktu paling lama dua semester. Akan tetapi, sebagai mahasiswa program fast track, Adam hanya mempunyai kesempatan selama 1 semester untuk internship saat S2.

Akan tetapi, jika bicara tentang kesempatan untuk merintis karier sebelum menyelesaikan studi, BINUS University sangat terbuka akan hal ini. Buktinya, Adam. Bisa dibilang ia telah memulai pekerjaan profesionalnya ketika menginjak semester 4 dengan menjadi asisten laboran di Laboratorium Sistem Informasi (SisFo).

Setelah menjadi asisten laboran selama 3 tahun 4 bulan, dirinya kemudian mengajukan diri. Hingga kini Adam Fahsyah Nurzaman berhasil mencapai tanggung jawab sebagai Data Analytic Officer. Tugasnya antara lain mengumpulkan data-data terkait global ranking untuk diserahkan kepada BINUS University. Dengan begitu, bisa dibilang bahwa BINUS sangat memperbolehkan mahasiswanya untuk memperoleh pengalaman kerja secepat mungkin.

Keuntungan Mengambil Program Fast Track

Keuntungan tak terelakkan apabila mahasiswa mengikuti program fast track dari BINUS adalah dapat menyelesaikan studi jauh lebih cepat daripada jalur reguler. Apabila Anda butuh waktu 5,5 hingga 6 tahun untuk menyelesaikan S1 dan S2, program ini bisa meluluskan Anda dalam waktu 4,5 tahun saja, seperti yang dialami langsung oleh Adam.

Dengan pemangkasan waktu tersebut, Anda jadi bisa menghemat budget sekaligus memperoleh kesempatan yang luar biasa dari BINUS University. Di samping itu, Anda juga bisa segera merintis karier dan menjadi profesional yang tangguh dengan berbagai situasi, terlebih karena kurikulum BINUS didesain dengan standar internasional.

Ingin menjadi alumni BINUS berikutnya yang seperti Adam Fahsyah Nurzaman? Segera daftarkan diri Anda ke program studi Sistem Informasi kami dan ikuti program master track untuk dapatkan dua gelar sekaligus dalam waktu 4,5 tahun! Siapkan masa muda yang cemerlang bersama BINUS GRADUATE PROGRAM!

Whatsapp