5 Alasan Memilih Doctor of Computer Science BGP untuk Kuliah S3 Ilmu Komputer

Mengenyam pendidikan doktoral adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin berkecimpung di bidang penelitian secara lebih mendalam. Maka dari itu, Anda perlu memilih program studi yang berkualitas serta sesuai dengan tujuan masa depan Anda. Misalnya, kalau Anda ingin mendalami bidang teknologi–spesifiknya komputer–Anda bisa berkuliah S3 ilmu komputer. 

Untuk mensukseskan karier masa depan Anda, ada salah satu rekomendasi program studi ilmu komputer di jenjang doktoral yang bagus, yaitu Doctor of Computer Science dari BINUS Graduate Program. Apa saja kelebihannya? Simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Doctor of Computer Science?

Doctor of Computer Science (DCS) adalah program S3 ilmu komputer yang disediakan oleh BINUS Graduate Program untuk menjawab kebutuhan industri saat ini. Sebab, program ini bertujuan mencetak ahli di bidang teknologi yang mampu merumuskan masalah, melakukan riset, dan mengimplementasikan solusinya secara lebih konkret.

Keunggulan Program S3 Ilmu Komputer BINUS

Berikut adalah berbagai kelebihan Doctor of Computer Science BINUS Graduate Program yang patut Anda pertimbangkan apabila Anda ingin kuliah S3 ilmu komputer:

1. Kurikulum yang komprehensif

Di program Doctor of Computer Science, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk mempraktikkan ilmu dari ruang kelas dalam riset nyata. Contohnya, saat Anda bekerja sama dengan para profesor atau sesama mahasiswa doktoral untuk mengidentifikasi masalah di lingkungan sekitar, merumuskan hipotesis dan pertanyaan, mewawancarai orang sekitar, melakukan kajian pustaka, serta menyajikan hasil temuan secara verbal maupun tertulis. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih banyak peminatan riset sesuai ketertarikan, misalnya AI, jaringan komputer, human-centered technology, dan masih banyak lagi.

2. Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT

Program S3 ilmu komputer di BINUS Graduate Program telah mendapatkan akreditasi yang sangat tinggi dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), yaitu Baik Sekali. Adanya akreditasi ini tak hanya membuktikan kualitas pendidikan di universitas, tapi juga mempermudah Anda meningkatkan jenjang karier, terutama sebagai ASN. 

Apalagi, untuk mendapatkan akreditasi Baik Sekali, sebuah program studi harus bisa memenuhi sejumlah standar pengajaran dan syarat administratif yang cukup ketat. Sehingga, tidak heran Anda akan lebih mudah mengikuti seleksi bantuan dana dari pemerintah dan mendapatkan limit anggaran belanja daerah yang lebih tinggi.

3. Ada rekognisi pengalaman profesional

Salah satu keunggulan unik yang ada di program Doctor of Computer Science BINUS Graduate Program adalah keberadaan rekognisi pengalaman kerja. 

Artinya, jika Anda sudah pernah atau sedang bekerja di perusahaan swasta maupun institusi pemerintahan sebelum menjalani kuliah S3 ilmu komputer, pengalaman professional tersebut akan dikonversi menjadi SKS kuliah. Dengan demikian, Anda bisa mengambil lebih sedikit SKS agar punya lebih banyak waktu untuk melakukan riset serta mengembangkan karier Anda.

4. Diakui berbagai lembaga terkenal

Selain terakreditasi secara nasional oleh BAN-PT, program Doctor of Computer Science BINUS Graduate Program juga sudah mendapatkan akreditasi dari berbagai lembaga terkenal. Bahkan, syarat akreditasinya pun lebih ketat lagi. 

Sebagai gambaran, program DCS BINUS Graduate Program sudah terakreditasi oleh satu lembaga di Eropa (ASIIN), satu lembaga di Amerika Serikat (ABET), serta satu lembaga mandiri di Indonesia (LAM INFOKOM).  Semuanya melibatkan kunjungan secara langsung oleh perwakilan lembaga akreditasi dan wawancara mendalam dengan mahasiswa aktif, staf akademik, maupun  alumni.

5. Jaringan alumni yang kuat

Jaringan alumni sangatlah penting untuk jenjang pendidikan tinggi mana pun–terutama S3–karena mereka bisa menjadi koneksi Anda demi memajukan karier. 

Dalam aspek ini, program Doctor of Computer Science termasuk unggul karena telah mencetak banyak lulusan yang terkenal di bidang teknologi. Terutama, yang memegang jabatan tinggi di perusahaan besar. Mereka juga rutin menghadiri ajang berbagi ilmu antara alumni dan mahasiswa aktif, sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan dengan lebih mudah.

Kenapa Pilih Doctor of Computer Science?

Selain kelima keunggulan di atas, menjalani kuliah S3 ilmu komputer di BINUS Graduate Program bisa membantu Anda lebih cepat lulus dan mendapatkan gelar doktoral. Berkat adanya program rekognisi yang sudah disebutkan, Anda bisa menamatkan pendidikan Doctor of Computer Science hanya dalam waktu kurang dari 3 tahun. Setelah lulus, Anda juga dapat menikmati prospek karier yang menjanjikan sebagai konsultan teknologi, dosen, peneliti profesional, dan bahkan petinggi perusahaan!

Demikianlah berbagai alasan Anda bisa mempertimbangkan program Doctor of Computer Science BINUS Graduate Program sebagai pilihan utama untuk kuliah S3 ilmu komputer. Mulai dari kurikulum yang menyeluruh sampai peluang lulus lebih cepat berbekal pengalaman kerja sebelumnya, Anda bisa meningkatkan kesuksesan masa depan di industri teknologi. Untuk menikmati semua manfaat tersebut, bergabunglah bersama kami sekarang!

Whatsapp