Beda Doctor by Research BINUS dengan S3 Ilmu Komputer Biasa

Sebagai perguruan tinggi dengan global recognition, BINUS University berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas program pendidikan demi mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi perkembangan zaman. 

Salah satu komitmen tersebut diwujudkan dengan adanya program Doctor by Research in Computer Science, yakni program studi kuliah S3 Ilmu Komputer yang menawarkan keunikan tersendiri. Hal tersebut menjadikan Doctor by Research in Computer Science berbeda dari program kuliah S3 pada umumnya. Apa saja keunikan dari program tersebut?

Keunikan S3 Ilmu Komputer BINUS by Research

Doctor by Research in Computer Science merupakan program tingkat doktoral (S3) Ilmu Komputer yang diluncurkan BINUS University di bawah naungan Doctor of Computer Science. Melalui program yang baru dimulai pada Maret 2024 ini, BINUS University ingin membantu memperdalam wawasan dan keterampilan SDM di bidang ilmu komputer. 

Selama masa kuliah enam semester dengan 42 Satuan Kredit Semester (SKS), mahasiswa Doctor by Research in Computer Science BINUS akan mendapatkan pengalaman kuliah terbaik melalui sejumlah keunikan yang ditawarkan berikut ini:

  • Lebih fokus terhadap penelitian

BINUS University membuka program Doctor by Research in Computer Science yang fokus pada penelitian atau riset. Penelitian tersebut dilakukan dengan memanfaatkan ilmu komputer, terutama dalam hal pengelolaan dan analisis data menggunakan teknologi artificial intelligence (AI).

Jadi, sejak awal mengikuti perkuliahan, mahasiswa Doctor by Research in Computer Science BINUS bisa langsung memulai proses penelitian mereka. Hal ini agak berbeda dari kebanyakan program S3 Ilmu Komputer lain yang menerapkan sistem coursework di samping melakukan riset.

  • Ketersediaan pembimbing pada semester pertama

Untuk mendukung proses penelitian mahasiswa secara optimal, program Doctor by Research in Computer Science BINUS akan menyediakan pembimbing bagi tiap mahasiswa. Ketersediaan pembimbing ini berlaku sejak semester pertama. Para pembimbing berasal dari kalangan profesor di bidang ilmu komputer dengan keahlian yang berbeda. 

Dengan begitu, begitu masa perkuliahan S3 resmi dimulai, para mahasiswa bisa langsung memulai penelitian di bawah bimbingan para profesor yang telah ditunjuk. Artinya, mahasiswa jadi punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan penelitian secara lebih optimal.

  • Kesempatan untuk langsung praktik

Dengan mengikuti kuliah S3 Ilmu Komputer di Doctor by Research in Computer Science BINUS, mahasiswa tak hanya bisa fokus melakukan penelitian, tapi juga berkesempatan untuk langsung praktik. Pasalnya, penelitian yang dilakukan umumnya berorientasi pada kebutuhan industri. 

Hal tersebut menuntut para peneliti untuk terjun langsung ke industri masing-masing agar dapat memahami kondisi dan masalah yang terjadi di lapangan. Dari sinilah Anda bisa menghasilkan penelitian yang bersifat inovatif dan tepat guna.

  • Paparan terhadap ilmu multidisipliner

Ilmu komputer memang berhubungan erat dengan teknis komputer, seperti machine learning, AI, dan Internet of Things (IoT). Namun, bukan berarti ilmu tersebut hanya berdiri sendiri. Sebaliknya, ilmu komputer merupakan ilmu yang multidisipliner karena bersinggungan dan dibutuhkan oleh banyak bidang ilmu lain. 

Paparan terhadap ilmu multidisipliner inilah yang bisa Anda dapatkan jika bergabung dengan program Doctor by Research in Computer Science BINUS. Anda akan dibimbing untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi komputer dalam melakukan penelitian di berbagai industri, entah itu industri bisnis, pendidikan, psikologi, bahkan hingga medis sekalipun.

Siapa yang Bisa Bergabung di Doctor by Research in Computer Science?

Muncul anggapan bahwa program pendidikan S3 Ilmu Komputer hanya cocok untuk orang-orang yang berencana mengembangkan karier sebagai akademisi atau peneliti. Hal tersebut tidaklah tepat karena penelitian yang dilakukan selama program Doctor by Research in Computer Science BINUS justru dapat diimplementasikan di berbagai industri. 

Bahkan, data menunjukkan bahwa program Doctor of Computer Science BINUS—yang telah berdiri sejak 2014—belakangan ini justru didominasi oleh mahasiswa yang berasal dari industri, seperti bisnis, konsultan, psikologi, bahkan hingga medis dan marine. Artinya, siapa pun yang ingin mendalami riset dengan memanfaatkan teknologi digital, bisa bergabung sebagai mahasiswa dalam program Doctor by Research in Computer Science BINUS. 

Melalui proses penelitian yang optimal dan komprehensif, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan ilmu mendalam seputar teknologi digital komputer, tapi juga keterampilan yang berguna untuk menjawab kebutuhan industri, seperti data gathering, analytical skills, hingga decision making.

Dengan fokus pada penelitian, program Doctor by Research in Computer Science BINUS memberikan kesempatan bagi Anda untuk mempersiapkan diri dalam menjawab berbagai tantangan industri di era digital, tentunya dengan memanfaatkan teknologi komputer. Untuk mendaftar maupun mempelajari informasi selengkapnya, kunjungi website program Doctor of Computer Science BINUS.

 

Whatsapp