BINUS University Resmikan Master of Design Melalui Talk Show Spesial

Dalam rangka menjawab kebutuhan industri kreatif yang terus berkembang mengikuti zaman, BINUS University terus mempertahankan kualitasnya sebagai salah satu perguruan tinggi berkualitas di Indonesia. Oleh sebab itu, kini BINUS University telah meluncurkan program studi terbarunya, yaitu Master of Design. 

Peluncuran ini diiringi dengan talk show khusus bertemakan “Peranan Advanced Designpreneur dalam Integrasi Keilmuan Desain, Teknologi, Budaya, dan Bisnis Berkelanjutan” bersama 3 narasumber ahli–Dr. Nelly S.Kom., MM., CSCA, Dr. Ferric Limano, dan Stephen Ng–pada tanggal 30 April 2024 mendatang di BINUS @Senayan (fX Campus), pukul 15.00

Tentang Program Master of Design BINUS University

Master of Design adalah program studi baru besutan BINUS University yang menggabungkan ilmu desain, teknologi, bisnis, dan budaya dalam satu kurikulum. 

Dalam program jenjang pascasarjana ini, mahasiswa dapat mempelajari berbagai prinsip desain dan penelitian untuk diterapkan dalam konteks bisnis. Di samping itu, mereka juga akan terpapar banyak tren terkini dan berkesempatan mempelajari banyak studi kasus nyata. Sehingga, mereka bisa memecahkan masalah yang ada di sekitar dengan lebih konkret berdasarkan data dan riset ilmiah.

Salah satu keunggulan utama program Master of Design BINUS University adalah kurikulum pendidikannya yang menekankan keberlanjutan (sustainability). Dengan kata lain, peserta program ini diharapkan mampu meningkatkan penelitian dan inovasi yang sudah ada sebelumnya agar bisa diterapkan dalam jangka panjang. Selain itu, solusi tersebut juga akan bermanfaat bagi lingkungan.

Setelah menyelesaikan program studi ini dalam waktu 18 bulan, lulusan akan mendapatkan gelar M.Ds. (Master Desain) dan memiliki peluang karier yang lebih beragam. Misalnya, mereka bisa berkarier sebagai tenaga pendidik, entrepreneur, peneliti desain, pemimpin desain, dan bahkan konsultan desain.

Tren yang Mendasari Peluncuran Master of Design

Alasan BINUS University meluncurkan program studi Master of Design berkaitan erat dengan tren saat ini, baik dalam industri kreatif maupun bisnis secara keseluruhan. Berkat pesatnya perkembangan era globalisasi dan digital saat ini, semua negara sudah saling terhubung dalam transaksi jual beli. Selain itu, teknologi digital juga mempermudah akses informasi dari berbagai sumber, termasuk untuk pertukaran budaya.

Maka dari itu, desain menjadi elemen penting untuk menjembatani perbedaan budaya tersebut dan meningkatkan pengalaman semua pihak yang terlibat. Adanya desain yang mementingkan kemudahan pengguna dan mempertimbangkan keberlanjutan juga mendukung pemerataan informasi.

“Sekarang, desain dan bisnis sudah tidak bisa berdiri sendiri atau saling terpisah lagi. Justru, keduanya harus menyatu dalam strategi jangka panjang. Apalagi, kesadaran orang-orang soal sustainability untuk lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sudah semakin tinggi. Makanya, desainer ahli yang bisa memahami pentingnya hal tersebut akan bisa lebih bersaing,” ujar Dr. Nelly S.Kom., MM., CSCA selaku Rektor BINUS University dan keynote speaker talk show peluncuran program Master of Design.

Talk Show Bersama Para Ahlinya untuk Rayakan Peresmian

Dalam rangka meresmikan peluncuran program studi Master of Design, BINUS University mengadakan talk show bertajuk “Peranan Advanced Designpreneur dalam Integrasi Keilmuan Desain, Teknologi, Budaya, dan Bisnis Berkelanjutan” di BINUS @Senayan (fX Campus) pada tanggal 30 April 2024. Sesuai temanya, diskusi ini akan membahas mengapa seorang designpreneur dibutuhkan dan bagaimana mereka bisa berkontribusi bagi masyarakat.

“Harapannya, kami bisa menyadarkan masyarakat kenapa desain dan bisnis itu harus saling terhubung lewat acara ini. Soalnya, kebutuhan akan desain yang sustainable akan terus berlanjut sampai lama mengingat isu krisis iklim dan kesenjangan sosial masih terus urgent. Apalagi, ini menyangkut semua orang,” tutur Dr. Ferric Limano selaku Ketua Program Studi Master of Design BINUS University tentang tujuan talk show tersebut.

Senada dengan pendapat Dr. Ferric Limano, Stephen Ng yang menjabat sebagai CEO Nusameta WIR Group juga membenarkan pentingnya designpreneurship untuk masa depan: “Saya merasa terhormat bisa ikut memeriahkan peluncuran Master of Design BINUS University, terutama karena desain dan bisnis digital bakal menjadi sesuatu yang booming ke depannya. Semoga prodi ini bisa terus berkontribusi untuk masyarakat dengan mencetak lulusan yang ahli.”

Sebagai perguruan tinggi yang terus memperhatikan perkembangan industri terkini dan berkomitmen memberikan pendidikan berkualitas, BINUS University telah meluncurkan program studi Master of Design. Program ini menggabungkan desain, bisnis, teknologi, dan prinsip sustainability untuk mencetak lulusan yang siap bersaing di industri kreatif. 

Untuk memeriahkan peluncurannya, akan ada talk show “Peranan Advanced Designpreneur dalam Integrasi Keilmuan Desain, Teknologi, Budaya, dan Bisnis Berkelanjutan” bersama 3 narasumber ahli di BINUS @Senayan (fX Campus) pada tanggal 30 April 2024, pukul 15.00.

 

Whatsapp