Kupas Tuntas Rahasia Nicholas Dominic Jadi Alumni BINUS Terbaik

Menuntaskan studi secara tepat waktu itu sendiri sudah termasuk sebagai sebuah tantangan, apalagi bila Anda mengikuti program jalur fast track yang dimiliki oleh BINUS GRADUATE PROGRAM. Dengan mengikuti program ini, Anda bisa mendapatkan gelar sarjana dan magister selama 5 tahun saja, sama seperti yang dilakoni oleh Nicholas Dominic. Penasaran dengan kisah inspiratif dari alumni BINUS terbaik satu ini? Mari dapatkan bersama-sama pada artikel berikut!

Profil Singkat Nicholas Dominic

Nicholas Dominic adalah salah satu mahasiswa BINUS University yang mengambil jalur fast track untuk program studi Computer Science. Sebagai mahasiswa fast track, dirinya tak hanya bisa mendapatkan dua gelar sekaligus dalam waktu singkat, melainkan juga memperoleh predikat Summa Cum Laude saat perayaan kelulusan.

Dirinya memperoleh IPK 3,83 (Magna Cum Laude) pada jenjang S1-nya, sedangkan S2 dirinya berhasil menembus IPK sempurna alias 4,00 (Summa Cum Laude). Pencapaian tersebut tentunya tak hanya membuat dirinya memiliki karier cemerlang, tapi juga mentalitas yang tangguh dalam menghadapi berbagai tekanan di dunia kerja.

Mindset Penting untuk Sukses di S2

Lulus dengan predikat Summa Cum Laude yang membuatnya didapuk sebagai lulusan terbaik BINUS University pada periode wisuda tahun 2022 tidak menjanjikan bahwa dirinya selalu berhasil. Nicholas dalam video yang diunggah di kanal YouTube BINUS GRADUATE PROGRAM mengatakan bahwa dirinya pernah gagal. Akan tetapi, ada satu mindset penting yang ia terapkan saat masih menjadi mahasiswa master track adalah tidak mudah menyerah.

Menurutnya, S2 ini membuat mahasiswa banyak berkutat dengan R&D atau Research and Development dan tak selalu berhasil. Malahan, sebuah riset di mata Nicholas harus gagal karena jika tidak bisa dibilang itu merupakan plagiarisme. Sehingga, bisa dibilang di situlah poin dari aksi riset dan pengembangan, yakni untuk menemukan faktor kegagalannya dan membuat perkembangan dari kegagalan tersebut.

Mindset kedua yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa pendidikan tinggi adalah self learning. Pasalnya, jenjang pendidikan yang satu ini sudah berbeda dengan duduk di bangku sekolah. Mungkin SMP atau SMA para siswa masih mendapatkan bimbingan dari guru, tapi ketika kuliah kemampuan belajar mandiri ini sangat dibutuhkan, terlebih ketika akan mengikuti program master track seperti Nicholas Dominic.

Karena menerapkan dua mindset tersebut selama menjalani studinya di BINUS University, Nicholas Dominic pada akhirnya berhasil menyelesaikan studi pada Januari 2022. Pada waktu tersebut, dirinya berhasil dideklarasikan sebagai S.Kom. sekaligus M.Kom. dengan konsentrasi AI pada jenjang S1 serta Digital Science saat S2-nya. Dua bidang tersebutlah yang pada akhirnya diterapkan oleh Nicholas di dunia kerja.

Penerapan Ilmu Kuliah di Kehidupan Nyata

Kurang dari dua bulan setelah kelulusannya, Nicholas Dominic kemudian berhasil diterima di PT AgriAku sebagai data scientist. Seperti penjelasan di atas, ia berfokus pada penggunaan AI (Artificial Intelligence) dan machine learning saat bergabung dalam perusahaan yang bertempat di Podomoro City, Jakarta Barat tersebut.

Setelah 1 tahun 6 bulan menjadi karyawan PT AgriAku, Nicholas Dominic lantas melebarkan sayapnya ke berbagai perusahaan sekaligus. Kini dirinya tergabung sebagai AI Research Scientist di BINUS University (Freelance), Certified Instructor di NVIDIA, AI Mentor/Expert/Supervisor di Startup Campus, dan Senior Data Scientist di RED Comm Indonesia.

Meski masa kuliahnya berfokus pada pengembangan AI dan digital science, Nicholas Dominic selalu mengembangkan pengetahuannya di bidang komputer hingga berhasil memperoleh dua sertifikasi dari NVIDIA. Tidak heran bila kini dirinya dapat menguasai deep learning, statistik, ML Ops, hingga accelerated computing.

 

Kisah kesuksesan alumni BINUS di atas tentunya tidak hanya bisa terjadi pada Nicholas Dominic saja. Jika Anda berniat masuk menjadi mahasiswa fast track BINUS GRADUATE PROGRAM, pastikan bahwa diri Anda memiliki dan telah menerapkan dua mindset tersebut, yaitu kebal kegagalan dan memiliki kemampuan self learning cukup kuat.

Melihat kebutuhan di dunia kerja yang semakin mensyaratkan kandidatnya memiliki gelar S2, BINUS University menyediakan program fast track bagi mahasiswa S1. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dan dapat segera masuk ke perusahaan impian. Klik di sini untuk memperoleh detail lebih lanjut seputar Master of Computer Science dari BINUS GRADUATE PROGRAM!

 

Whatsapp