BINUS University dan Nusameta Bangun Kesadaran tentang Ekosistem Perlindungan IP

Sektor kekayaan intelektual (IP) di Indonesia sudah berkembang dengan semakin pesat seiring kemajuan ekonomi kreatif di era digital. Untuk mendukung kemajuan tersebut, keberadaan ekosistem khusus untuk melindungi IP buatan para ahli kreatif di tanah air sangat diperlukan. 

Oleh sebab itu, BINUS University mengadakan IP Day pada tanggal 25 Juli 2024 di Auditorium BINUS International, FX Senayan Campus. Acara ini bekerja sama dengan Nusameta, aplikasi virtual reality yang menciptakan ekosistem digital khusus untuk kekayaan intelektual.

Narasumber Ahli dari BINUS University

Acara IP Day yang diadakan oleh BINUS University akan menghadirkan sejumlah seminar berkaitan dengan perlindungan kekayaan intelektual di Indonesia. Seminar ini dibawakan oleh narasumber ahli yang merupakan sivitas akademika BINUS University, yaitu Dr. Ferric Limano, S.Sn., M.Ds. selaku Head of Program Master of Design BINUS University dan Faza Meonk selaku alumni School of Design BINUS University yang terkenal dengan komik Si Juki.

Selain itu, Primo Rizky, S.Mn selaku Creative Director of WIR Group juga akan hadir sebagai moderator bersama dengan pembicara-pembicara lainnya. Yaitu, perwakilan dari Nusameta, ESMOD, dan Rainbow Moto Builder.

“Di dunia desain yang selalu berkembang secara dinamis, perlindungan kekayaan intelektual bukan hanya untuk memenuhi syarat hukum. Justru, itu adalah batu landasan yang penting untuk inovasi kreatif dan pertumbuhan ekonomi nasional. Saya merasa terhormat bisa menyampaikan hal tersebut kepada semua yang hadir di acara IP Day,” ucap Dr. Ferric Limano.

Mata Acara IP Day BINUS University

Rangkaian kegiatan IP Day BINUS University bersama Nusameta terdiri dari sejumlah talk show dan seminar. Pada sesi pembukaan, akan ada perkenalan tentang program Master of Design BINUS University serta peranannya dalam pelestarian kekayaan intelektual. Kemudian, acara akan dilanjutkan dengan pengantar tentang Nusameta sebagai ekosistem untuk IP.

Pada sesi seminar tersebut, peserta akan mempelajari keuntungan bergabung dengan ekosistem digital buatan Nusameta dan alat-alat yang tersedia untuk melindungi kekayaan intelektual mereka. Berkaitan dengan topik tersebut, pada bagian berikutnya, narasumber akan membawakan pengantar tentang perlindungan HAKI di Indonesia dan langkah-langkah yang bisa diambil pelaku industri kreatif untuk melindungi hasil jerih payah mereka dari hal-hal tidak diinginkan. Contohnya, plagiarisme dan pencurian untuk tujuan komersial.

Selain itu, peserta juga berkesempatan berdiskusi dengan para pembicara untuk mendapatkan ilmu baru yang tidak dibahas pada sesi presentasi. Di akhir sesi talk show, tanya jawab, dan berfoto bersama, peserta bisa menghabiskan sisa waktu mereka dengan berbincang bersama narasumber serta tamu lainnya untuk ajang networking secara kasual.

Harapan BINUS University Bersama Nusameta

Melalui kerja sama ini, BINUS University ingin menghidupi semangat memberdayakan dan memprakarsai masyarakat untuk membangun nusa bangsa. Oleh sebab itu, BINUS University berharap bahwa para peserta yang mengikuti acara IP Day secara keseluruhan dapat memperluas jejaring profesional mereka agar sukses berkarier ke depannya. 

Selain itu, hubungan kerja sama dengan Nusameta pada ajang ini juga bisa memperkuat reputasi School of Design BINUS University sebagai thought leader dan world class university dengan berkontribusi bagi diskursus perlindungan HAKI. 

Terakhir, BINUS University berharap ilmu dari acara ini bisa membekali para sivitas agar siap menavigasi persyaratan hukum serta bisnis selama berkarya. Sebab, kolaborasi antara pencipta kekayaan intelektual, perwakilan bisnis seperti Nusameta, lembaga pendidikan, dan sponsor dari brand dipercaya dapat memperkuat perlindungan terhadap buah karya kreatif para kreator secara lebih menyeluruh.

 

BINUS University dan Nusameta menyadari pentingnya perlindungan kekayaan intelektual untuk mendukung kemajuan ekonomi kreatif Indonesia di era digital. Oleh sebab itu, BINUS University bekerja sama dengan Nusameta untuk meningkatkan kesadaran tentang HAKI di kalangan sivitas akademika BINUS University yang kelak akan berkontribusi dengan karya mereka. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, BINUS University mengundang sejumlah narasumber dari jajaran pengajar dan alumninya, serta perwakilan Nusameta yang akan memperkenalkan bagaimana ekosistem buatan digital mereka akan mendukung proteksi IP. Acara ini akan diadakan pada tanggal 25 Juli 2024 di BINUS @Senayan, FX Campus.

Whatsapp