Pentingnya Belajar Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Dorong Pertumbuhan Bisnis

Pemasaran dalam bisnis menjadi salah satu hal yang krusial karena produk Anda yang bagus dan canggih tidak akan memiliki makna ketika Anda tidak bisa memasarkan produk tersebut, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Kualitas produk saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan strategi komunikasi pemasaran yang mumpuni. Lalu apa fungsi strategi pemasaran bagi bisnis?

 

5 Fungsi Strategi Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran dapat menjadi jembatan antara kegiatan produksi dan konsumsi. Fungsi strategi komunikasi pemasaran pada umumnya meliputi lima hal berikut.

  • Meningkatkan motivasi untuk berkembang

Komunikasi pemasaran mampu membuat Anda mengetahui lebih dalam mengenai keresahan dan kebutuhan dari target pasar Anda. Dengan strategi komunikasi yang efektif, Anda dapat menemukan peluang baru dan menggebrak pasar dengan inovasi yang baru. Anda bisa memiliki motivasi untuk terus tumbuh dan berkembang mengikuti target pasar Anda karena Anda mengetahui betul apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda.

Misalnya, ketika Anda memiliki produk ponsel yang canggih, Anda membutuhkan pendapat dan masukan secara luas dari konsumen mengenai produk Anda. Dengan adanya komunikasi pemasaran yang hebat, Anda bisa terus berinovasi sesuai dengan preferensi target konsumen Anda. Produk yang terus berinovasi menjadi lebih baik biasanya akan jauh lebih diminati.

  • Koordinasi antar tim lebih baik

Strategi komunikasi pemasaran tidak hanya penting untuk menjalin hubungan dengan konsumen, tetapi juga penting untuk hubungan internal dalam perusahaan. Perusahaan tentu memiliki banyak karyawan dengan beraneka ragam pemikiran dan ide untuk tujuan yang sama, yaitu mengembangkan bisnis perusahaan. Untuk menghadapi perbedaan pendapat tersebut, Anda perlu menguasai keahlian komunikasi. Hal ini dibutuhkan agar Anda dapat menyampaikan ide dan meyakinkan orang lebih baik lagi.

Selain itu, Anda juga membutuhkan kemampuan komunikasi untuk menimbang pendapat orang lain. Menolak pendapat orang lain tanpa menyakiti mereka, memberikan alternatif pendapat, dan memberikan dukungan pada ide brilian orang lain. Koordinasi antartim akan lebih efektif dan terarah ketika Anda mengetahui cara berkomunikasi yang benar dengan orang lain.

  • Punya tujuan pencapaian yang jelas

Dalam suatu diskusi atau strategi, hal yang paling penting adalah memiliki tujuan pencapaian yang jelas supaya diskusi dan strategi tidak sia-sia. Strategi komunikasi pemasaran juga dilakukan untuk mencapai tujuan konkret dari perusahaan. Komunikasi pemasaran tidak hanya dipakai sebagai alat mencapai tujuan, tapi juga merumuskan dan memperjelas tujuan itu sendiri. Dengan adanya kombinasi komunikasi dengan konsumen dan internal perusahaan, perusahaan memiliki kesempatan untuk merancang tujuan strategi lebih baik lagi.

  • Memantau pemasaran yang berlangsung

Strategi komunikasi pemasaran biasanya menjadi salah satu hal yang menonjol bagi perusahaan dalam menarik perhatian calon konsumen dan mempertahankan loyalitas konsumennya. Hal ini bisa dimanfaatkan perusahaan untuk mengamati strategi komunikasi pemasaran pesaing Anda dan membandingkannya dengan strategi yang Anda sedang lakukan. Anda kemudian bisa merumuskan strategi komunikasi pemasaran terbaik ke depannya.

  • Meningkatkan angka penjualan

Pada akhirnya, tujuan dari komunikasi pemasaran adalah meningkatkan penjualan. Strategi komunikasi pemasaran mampu memunculkan kebutuhan dan urgensi calon konsumen untuk membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat konsumen merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Komunikasi pemasaran yang tepat dapat membuat konsumen Anda merasa terikat dengan brand Anda, sehingga memunculkan loyalitas mereka pada perusahaan.

 

Tanpa adanya strategi komunikasi pemasaran yang baik, bisnis Anda tidak akan bisa bertahan hadapi gejolak kompetitor. Itu membuktikan betapa pentingnya ilmu komunikasi bagi keberlangsungan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut dan detail mengenai strategi komunikasi pemasaran, Anda bisa mempelajarinya di BINUS GRADUATE PROGRAM yang menyediakan program studi Magister Ilmu Komunikasi.

Tak hanya belajar ilmu komunikasi yang bermanfaat bagi bisnis dan karier Anda, di sini Anda juga bisa mempraktikkan teori-teori yang sudah diberikan secara seimbang. Selain itu, Anda juga akan dibimbing oleh dosen dan pakar di bidangnya. Terakhir, tentu saja kurikulumnya telah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk info lebih lanjut seputar Magister Ilmu Komunikasi BINUS GRADUATE PROGRAM.

Whatsapp