Cari Kuliah S2 Fleksibel? BINUS Graduate Program Jawabannya!

Mengenyam pendidikan setinggi mungkin merupakan kunci kesuksesan karier di masa depan, sehingga wajar jika banyak orang memutuskan untuk kuliah S2 setelah cukup lama bekerja. Di saat yang bersamaan, membagi waktu antara kewajiban kuliah dan pekerjaan bukanlah hal yang mudah karena adanya konflik jadwal. Tapi, kalau Anda ingin mewujudkan impian tersebut, jangan sampai perbedaan jadwal menjadi penghalang terbesar. Sebab, BINUS Graduate Program menawarkan perkuliahan yang bisa disesuaikan dengan rutinitas pekerjaan Anda.

5 Kelebihan Kuliah S2 dengan BINUS Graduate Program

BINUS Graduate Program memiliki banyak kelebihan untuk Anda yang ingin kuliah S2 sambil bekerja dan menyeimbangkan keduanya. Apa saja? Simak di bawah ini:

1. Jadwal yang fleksibel

Umumnya, kuliah S2 mengharuskan Anda mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh pihak universitas sebelumnya. Misalnya, mungkin Anda harus datang ke kampus setiap Senin sampai Jumat pada pagi hari, padahal jadwal ini kurang memungkinkan untuk Anda yang bekerja pada jadwal tersebut. 

Akan tetapi, BINUS Graduate Program menawarkan dua jenis jadwal perkuliahan: Anda bisa memilih ingin berkuliah pada Rabu malam setelah selesai bekerja, atau pada Sabtu pagi ketika kesibukan Anda sudah lowong. Jadi, Anda tinggal menyesuaikannya dengan rutinitas pekerjaan saat ini, dan Anda tetap bisa mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh para tenaga pengajar.

2. Lebih praktis dengan blended learning

Tidak menutup kemungkinan Anda sudah menghabiskan banyak waktu perjalanan untuk ke berbagai lokasi, terutama tempat kerja, jika Anda harus melewati daerah rawan macet. Hal ini tentunya tidak hanya mengurangi waktu istirahat, tapi juga ongkos transportasi. Pada situasi seperti ini, memilih program kuliah S2 yang menawarkan kelas online atau hybrid bisa membantu. 

Misalnya, BINUS Graduate Program memiliki sistem blended learning yang berarti beberapa kelas akan diadakan melalui virtual meeting. Dengan demikian, Anda bisa mengikuti perkuliahan dari mana saja bermodalkan komputer dan internet. Lalu, Anda hanya perlu mendatangi lokasi kampus untuk mengikuti kelas tatap muka pada hari tertentu agar lebih hemat biaya perjalanan.

3. Bantuan akademik yang mudah diakses

Kuliah S2 sambil bekerja tentunya akan membutuhkan disiplin dan kerja keras yang tinggi, terutama untuk menyelesaikan disertasi. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendirian. 

BINUS Graduate Program memiliki layanan bantuan akademik dan non-akademik yang dapat Anda manfaatkan kapan saja selama Anda masih berstatus sebagai mahasiswa. Anda bisa meminta panduan untuk penulisan karya ilmiah, pencarian referensi, dan bahkan informasi kesempatan berjejaring dari layanan ini. 

Selain itu, Anda juga dapat menjadwalkan sesi konsultasi dengan dosen pembimbing tanpa bersusah payah selama berkuliah sebagai mahasiswa S2 BINUS karena Anda bisa menentukan waktu melalui platform digital khusus.

4. Lebih cepat lulus dengan RPL

Saat berkuliah, mungkin saja Anda ingin segera lulus agar bisa menghemat biaya dan mengaplikasikan ilmu yang telah dimiliki. Untungnya, BINUS Graduate Program bisa mewujudkan keinginan tersebut dengan adanya program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau). 

Artinya, Anda bisa mengkonversi pengalaman kerja selama bertahun-tahun menjadi kredit SKS untuk memenuhi persyaratan kelulusan. Dengan bekal berupa jumlah SKS yang lebih banyak di awal, Anda hanya perlu mengambil lebih sedikit kelas, sehingga Anda akan lebih cepat lulus.

5. Pilihan jurusan yang lengkap

Apa pun bidang karier yang ingin Anda tempuh, BINUS Graduate Program bisa membantu Anda mewujudkannya. Apakah Anda ingin menjadi ahli ilmu komunikasi atau pemasaran? Anda bisa mengambil program Master of Strategic Marketing Communication. Untuk Anda yang ingin berkarier sebagai ahli teknologi, BINUS Graduate Program menyediakan jalur Master of Information Systems. 

Bahkan, selain kedua jurusan umum tersebut, masih ada banyak program yang tidak kalah unik seperti Master of Digital Business Fisheries, Master of Marine Digital Technology, dan lainnya.

 

Jangan biarkan kesibukan kerja menjadi penghalang Anda untuk mengambil kuliah S2! Justru, ilmu yang diperoleh dari jenjang pendidikan ini akan membantu kesuksesan karier Anda hingga semakin tinggi. 

Agar berkuliah sambil kerja jadi lebih mudah, pastikan Anda memilih program pascasarjana yang menawarkan fleksibilitas jadwal, layanan komprehensif untuk mahasiswa, serta pilihan program studi yang lengkap, contohnya seperti BINUS Graduate Program. Tertarik? Pelajari lebih lanjut tentang jadwal pendaftaran BINUS Graduate Program dan jurusan yang tersedia di sini supaya Anda bisa segera bergabung!