Cara Menjadi Mahasiswa Baik yang Disenangi Dosen

 

Di dunia akademis, membangun hubungan yang baik dengan dosen merupakan salah satu aspek penting yang sering terabaikan. Hubungan ini bukan hanya tentang mengejar nilai akademik yang memuaskan, tetapi juga tentang membuka jalan bagi pengembangan diri dan kolaborasi di masa depan.

Seorang mahasiswa yang baik tidak hanya diukur dari kemampuannya dalam menerima materi pembelajaran, melainkan juga dari bagaimana ia berinteraksi dan berkomunikasi dengan dosen. Lantas, bagaimana cara menjadi mahasiswa baik dan disenangi dosen? Cari tahu beberapa contoh konkretnya di bawah ini, yuk!

1. Aktif Berpartisipasi dalam Diskusi

Partisipasi aktif dalam diskusi kelas adalah kunci utama untuk menarik perhatian dosen. Cara menjadi mahasiswa baik yaitu menunjukkan antusiasme, memberikan perspektif, dan berkontribusi pada pembelajaran kolektif. Ketika Anda berpartisipasi, Anda tidak hanya menunjukkan pemahaman, tetapi juga mengasah kemampuan kritis dan analitis Anda.

Saat Anda berpartisipasi secara aktif di kelas, dosen otomatis akan mengenali keberadaan Anda. Lalu, dari situlah kedekatan Anda bisa dibangun dengan para dosen. Bahkan, mungkin jawaban-jawaban Anda di kelas bisa meninggalkan kesan positif di benak para pengajar lantaran Anda terlihat serius dan menyimak penyampaian materi dengan baik.

2. Tunjukkan Antusiasme selama Kegiatan Belajar

Antusiasme dalam belajar juga menjadi poin penting yang biasanya menjadi penilaian dari para dosen. Ketika Anda menunjukkan semangat dan kegembiraan dalam belajar, hal itu biasanya akan sangat memengaruhi suasana kelas secara keseluruhan.

Antusiasme ini juga mencerminkan sikap terbuka Anda terhadap pengetahuan dan keinginan untuk tumbuh. Dosen umumnya akan cenderung memperhatikan dan menghargai mahasiswa yang menunjukkan semangat belajar karena ini menyatakan apresiasi mereka terhadap dirinya.

3. Bantu Dosen dengan Hal-Hal Simpel

Tak hanya berkontribusi aktif untuk menjawab pertanyaan atau mengemukakan pendapat, tindakan mendekatkan diri pada dosen itu juga bisa Anda mulai dengan membantu mereka mengatur atau membersihkan kelas setelah sesi. Sebagai alternatif lain, Anda pun dapat membantu distribusi materi ke teman-teman sebelum kelas dimulai.

Beberapa aksi tersebut menunjukkan inisiatif dan keinginan Anda untuk berkontribusi lebih dari sekadar hadir di dalam kelas. Di sisi lain, tindakan-tindakan itu juga menunjukkan rasa tanggung jawab Anda sebagai mahasiswa yang tidak hanya peduli pada proses pembelajaran, tetapi juga pada lingkungan belajarnya.

4. Sapa Dosen dengan Ramah Setiap Kali Bertemu

Satu cara menjadi mahasiswa baik yaitu menyapa dosen setiap kali berpapasan, entah itu di kampus maupun di luar kampus. Menyapa dosen dengan sopan setiap kali bertemu menunjukkan kesopanan dan penghormatan. Ini membantu dalam membangun hubungan yang lebih personal dan hangat.

Sikap ramah dan hormat ini juga menciptakan kesan positif dan membuka jalan untuk komunikasi yang lebih terbuka dan efektif antara Anda dan dosen. Tidak menutup kemungkinan, setelah beberapa perjumpaan nonformal di luar kampus, Anda dapat menjalin kerja sama yang lebih serius untuk proyek-proyek akademik.

5. Mulai Obrolan dengan Bahasa yang Santun

Menggunakan bahasa yang santun dan menunjukkan bahwa Anda menghargai dosen saat berkomunikasi adalah cara berikutnya untuk menjadi mahasiswa baik. Sikap seperti memang terkesan simpel, tapi nyatanya masih banyak yang mengabaikannya. Padahal, jika diterapkan, ini dapat menciptakan lingkungan yang saling menghargai dan menghormati hubungan profesional.

Komunikasi yang efektif dan sopan ini juga mengindikasikan kesiapan Anda untuk terlibat dalam lingkungan profesional di masa depan. Ini bisa menjadi sinyal bagi dosen apabila terdapat proyek-proyek akademis maupun nonakademis supaya mengajak Anda sebagai partner. Intinya, komunikasi yang baik akan membuka peluang baik bagi siapa pun.

6. Kumpulkan Tugas dan Hadiri Kelas Tepat Waktu

Kedisiplinan dalam menyerahkan tugas dan hadir di kelas tepat waktu adalah dua hal penting yang akan membuat dosen menghargai usaha Anda. Tentunya, Anda pernah dengar pepatah “perlakukan seseorang sebagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang”, bukan? Ketika Anda menghormati usaha dan deadline dosen, mereka tentu akan menghargai usaha Anda juga.

Disiplin juga menjadi cerminan diri yang dapat diandalkan. Sebagai mahasiswa, pastinya sikap disiplin itu penting sekali karena akan memengaruhi banyak hal, salah satu contohnya adalah ketepatan waktu kelulusan. Saat Anda disiplin, Anda pasti bisa lulus tepat waktu dan ini juga akan ikut menaikkan citra kampus. Dosen pastinya senang dengan usaha Anda yang satu ini.

Menjadi mahasiswa yang baik dan disukai dosen tidak hanya menguntungkan dalam hal akademik, tetapi juga mempersiapkan Anda untuk sukses dalam merintis karier. Siapa yang bisa menduga kemungkinan di masa depan? Siapa tahu, dengan bersikap baik dan saling menghormati, Anda bisa diajak berkolaborasi bersama. Itulah mengapa, mari terapkan cara menjadi mahasiswa baik mulai dari sekarang, ya!

 

Whatsapp