BINUS Apresiasi Kontribusi Guru Besar dengan Professor Day

 

Landasan fundamental pendidikan tinggi diberikan oleh para profesor, yang memainkan peran multidimensi melampaui batas-batas pengajaran tradisional. Para profesor memberikan pemahaman menyeluruh tentang ide-ide rumit, teori, dan penerapan dunia nyata dalam profesi khusus mereka melalui pembelajaran, seminar, dan percakapan tatap muka.

Menyadari peran penting dari para profesor dalam membentuk masa depan pendidikan dan masyarakat, BINUS dengan bangga menyelenggarakan Professor Day pada tanggal 26 Februari 2024 di Aula Lt. 8 Kampus Anggrek.  

Melalui upaya kolektif dari para pendidik, kekuatan transformatif dari pendidikan tinggi terwujud, meninggalkan dampak yang tak terhapuskan pada individu, komunitas, dan dunia pada umumnya. Intip keseruan lainnya, yuk!

Tujuan Utama Acara Professor Day BINUS University

BINUS berharap dapat membentuk sebuah forum di mana para akademisi dapat berbagi pengetahuan dan berdiskusi tentang bagaimana memajukan inisiatif akademik, juga penelitian di BINUS Graduate Program  secara keseluruhan dengan mengadakan acara tahunan ini. Selain itu, Professor Day merupakan penggerak pertumbuhan profesional dan inspirasi para Faculty Members (FM) di BINUS Graduate Program, termasuk Lektor Kepala dan Lektor di BGP. Anggota FM menerima inspirasi dan ide penting dari para profesor berpengalaman.

Kupas Tuntas Acara Professor Day Bersama Guru Besar BINUS University

Dengan semangat dan dedikasi bersama untuk memajukan pengetahuan, acara Professor Day menggarisbawahi peran penting para pendidik dalam membentuk masa depan dunia kita, di antaranya:

  • Pembukaan

Pembukaan dimulai dari Dr. Sani Muhamad Isa, S.Si., M.Kom., selaku Direktur BGP menyambut tamu dengan hangat. Menyusul sambutan Bapak Direktur, Wakil Rektor Research & Technology Transfer, Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi., M.Si., naik panggung. Pembukaannya penuh semangat dan pandangan ke depan. Arahan beliau memicu motivasi untuk mencapai keunggulan akademis di antara para peserta.

Ketika Rektor BINUS University,  Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA., mengambil alih sorotan utama, acara peresmian mencapai puncaknya. Beliau menyambut para tamu, berterima kasih atas kedatangannya, dan menggarisbawahi pentingnya hari itu. 

  • Sesi 1

Sesi pertama acara Professor Day dikemas dengan diskusi dan presentasi yang mencerahkan. Diawali oleh Prof. Dr. Muhammad Zarlis, M.Si., yang memaparkan tentang Sistem Penjaminan Mutu (SPM) Berbasis Akreditasi. 

Diikuti oleh Sfenrianto, S.Kom., M.Kom., yang mendalami ranah E-Learning Adaptive untuk Learning Management Systems (LMS). Presentasinya memberikan wawasan berharga dalam memanfaatkan metodologi e-learning adaptif untuk mengoptimalkan platform LMS. 

Agenda selanjutnya adalah Prof. Spits Warnars Harco Leslie Hendric, S.Kom., M.T.I., Ph.D., yang mengupas tentang Trend Multi-Discipline Research yang sedang berkembang. 

Sesi ini diakhiri dengan segmen diskusi tanya jawab yang menarik, di mana para peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para profesor terhormat, dan break ISOMA.

  • Sesi 2

Sesi dimulai dengan diskusi yang menggugah pikiran yang dipimpin oleh Prof. Benfano Soewito, M.Sc., Ph.D., yang mendalami topik tentang Governance for BINUS Applications, menekankan pentingnya akuntabilitas dan transparansi dalam tata kelola.

Prof.Dr.Ir. Ford Lumban Gaol, S.Sc., M.Kom., SMIEEE, usai paparan Prof. Soewito, membahas The Frontiers of Internet, Data and AI on the Education. Pengamatannya memicu perbincangan tentang kesulitan dan masalah moral seputar penggunaan AI dan data besar dalam pengajaran.

Prof Firdaus Alamsjah, Ph.D., melanjutkan diskusi dengan memberikan wawasan mengenai Center of Excellence: Digital Transformation and Sustainability dalam mendorong keberlanjutan dan transformasi digital. 

Sesi ini diakhiri dengan diskusi tanya jawab, dan menjelang berakhirnya acara, para peserta disuguhi hiburan yang merayakan semangat inovasi dan kreativitas. 

Harapan Rektor BINUS University untuk Acara Professor Day

Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA., selaku Rektor BINUS University memandang Professor Day sebagai pemicu lonjakan antusiasme dan motivasi di kalangan dosen. Dengan perhatian yang tajam terhadap perkembangan akademik, beliau menganggap pertemuan ini sebagai momen penting untuk memajukan ilmu pengetahuan, memupuk semangat dalam diri para dosen, yang diharapkan akan terpacu untuk mengangkat karirnya hingga mencapai puncak prestasi akademis.

Sebagai penutup, acara Professor Day berdiri sebagai mercusuar keunggulan akademik dan pemberdayaan komunal. Dr. Nelly merefleksikan jalannya hari itu dengan rasa puas, menyaksikan langsung pertukaran gagasan dan penanaman aspirasi. 

Menjelang berakhirnya acara tersebut, ada momentum yang nyata, semangat baru yang akan terus mendorong komunitas akademis untuk maju. Melalui pertemuan-pertemuan seperti itulah benih-benih kemajuan ditaburkan, memastikan masa depan yang lebih cerah bagi banyak orang.

 

Whatsapp