Apa Itu Strategic Marketing Communication dan Contoh Penerapannya?

Pernahkah Anda merasakan kesulitan dalam menjual produk atau sudah mempromosikan produk sesering mungkin, tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan? Bisa jadi pendekatan komunikasi yang Anda lakukan kurang tepat atau salah. Sebaiknya lakukan strategi marketing communication agar penjualan produk meningkat. Lalu, apa itu marketing communication dan bagaimana contoh penerapannya?

 

Apa Itu Marketing Communication?

Komunikasi dapat dikatakan berjalan dengan baik apabila pengirim pesan menyampaikan maksudnya dan penerima pesan dapat memahaminya secara utuh. Hal tersebut juga berkaitan dengan penyampaian pesan perusahaan kepada konsumennya dengan menggunakan pendekatan marketing communication.

Marketing communication adalah salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produk dengan memberikan informasi serta ajakan untuk menggunakan produk tersebut. Tujuan promosi itu adalah untuk meningkatkan penjualan dan melipatgandakan keuntungan perusahaan.

 

Pentingnya Marketing Communication untuk Bisnis

Marketing communication berguna untuk menumbuhkan brand awareness dan kepercayaan terhadap produk yang dijual oleh perusahaan. Misalnya, konsumen mempercayai kualitas suatu produk dari salah satu brand perusahaan, maka perusahaan tersebut telah berhasil membangun kepercayaan konsumen pada produk yang mereka jual.

Selain itu, marketing communication berguna untuk mengubah citra perusahaan beserta produk dan pelayanannya. Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan tidak cukup untuk menggapai kepercayaan masyarakat apabila tidak diiringi dengan strategi marketing communication untuk bisnis.

Setelah konsumen mengetahui informasi produk dan memeriksa kualitas produknya secara langsung, itu berarti tugas marketing communication selanjutnya adalah membujuk konsumen supaya datang kembali dan membeli produk dari perusahaan tersebut.

 

Contoh Penerapan Marketing Communication

Bagaimana konsumen dapat mempercayai kualitas produk maupun layanan bila tidak ada bukti atau mencobanya terlebih dahulu? Salah satu cara yang dilakukan perusahaan terkenal, seperti YouTube, adalah memberikan masa percobaan satu bulan untuk berlangganan YouTube Premium (layanan tanpa iklan). Dengan mencoba layanan tersebut, pelanggan bisa tahu bagaimana rasanya berlangganan YouTube Premium.

Hal serupa juga dilakukan oleh Spotify (layanan streaming musik). Kedua platform tersebut tidak hanya memberikan gratis masa coba, pelanggan juga bisa mendapatkan potongan harga sesuai dengan promo yang berlaku, seperti promo khusus pelajar atau mahasiswa.

 

4 Tips Lakukan Marketing Communication Strategy

Keuntungan perusahaan dari produk dan layanan yang mereka jual dapat meningkat berkali-kali lipat hanya dengan menerapkan strategi marketing communication. Berikut ini adalah empat tips lakukan marketing communication strategy.

  • Tentukan target pasar yang jelas

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan target pasar sesuai dengan segmentasinya. Segmentasi pasar bisa berupa usia, profesi, latar belakang pendidikan, gender, hingga kelas ekonomi konsumen, seperti ekonomi kelas menengah, bawah, atau atas.

  • Pasarkan produk sesuai dengan bahasa dan minat mereka

Gaya bahasa berkaitan dengan usia konsumen dan latar pendidikan. Gunakan ragam bahasa populer apabila target pasarnya adalah anak-anak muda. Sebaliknya, gunakan ragam bahasa formal untuk konsumen lanjut usia dan hindari penggunaan istilah asing yang sulit dimengerti.

Pemasaran produk juga harus disesuaikan dengan minat konsumen. Misalnya, produk-produk otomotif biasanya lebih disukai oleh konsumen laki-laki dan pecinta otomotif dari segala jenis usia, sedangkan produk peralatan dapur lebih disukai wanita atau ibu-ibu rumah tangga.

  • Tunjukkan unique selling point (USP)

Selanjutnya adalah dengan menunjukkan keunikan produk yang memiliki daya jual. Biasanya keunikan berupa keunggulan dan keistimewaan produk yang membedakannya dengan produk lain. Hal tersebut dapat menarik minat konsumen untuk mencoba produk yang Anda miliki.

  • Pertahankan konsistensi kualitas dan brand

Konsistensi kualitas pada brand menentukan panjang umurnya kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda miliki. Apabila konsumen telah mempercayai kualitas produk dan layanan yang Anda jual, sebisa mungkin konsistensi kualitas tersebut tetap dijaga agar konsumen Anda tidak berpaling kepada brandbrand kompetitor.

 

Itulah strategi marketing communication dan contoh penerapannya dalam dunia pemasaran. Jika Anda tertarik untuk mempelajari strategi marketing communication lebih dalam, bergabunglah bersama BINUS GRADUATE PROGRAM yang membuka program studi Magister Ilmu Komunikasi. Dengan mengikuti program tersebut, Anda akan dibekali kemampuan marketing communication serta ilmu-ilmu komunikasi lainnya untuk menunjang karier dan perusahaan Anda.

Whatsapp